Uji Coba Internal 31 Maret


Uji Coba Internal 31 Maret
Beroperasi Lagi: Inilah railbus Kertalaya yang akan diuji coba pada 31 Maret dan beroperasi lagi mulai 1 April nanti.

PALEMBANG — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Sumsel memastikan railbus Kertapati–Inderalaya (Kertalaya) akan segera beroperasional. Uji coba internalnya dijadwalkan 31 Maret mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) dan Perkeretaapian Dishubkominfo Sumsel, Sudirman HM mengungkapkan, uji coba sekitar pukul 14.00 WIB. “Kami lakukan secara internal saja karena Senin itu bertepatan dengan tanggal merah,” jelasnya, kemarin.

Barulah pada keesokan harinya (1 April), dilakukan pemberangkatan perdana pacakerusakan yang cukup lama dialami railbus Kertalaya. “Hari Selasa akan kami launching dengan keberangkatan perdana dari Stasiun Kertapati pukul 07.30 WIB,” tutur Sudirman.

Kepala UPTD Perkeretaapian Dishubkominfo Sumsel, Kurniawan menambahkan, pihaknya terus mematangkan kesiapan railbus Kertalaya untuk dapat dioperasionalkan sesuai jadwal yang direncanakan tersebut. Dalam kurun waktu seminggu ini, pihaknya akan insentif melakukan pemanasan kereta angkutan mahasiswa itu.

“Jika tidak ada gangguan yang berarti, kami pastikan keretanya siap untuk beroperasional mulai April nanti, melayani mahasiswa Unsri kuliah ke kampus Inderalaya,” ungkapnya.

Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel, Rapino Situmorang menegaskan, pihaknya siap mengikuti apa saja yang telah disepakati bersama dengan Dishubkominfo Sumsel. “Karena memang dana PSO segera cair dan sudah ada perjanjian, tapi lebih bagus jika diuji coba terlebih dahulu,” tuturnya.

Menurutnya, uji coba sangat penting untuk melihat kondisi railbus pascadiperbaiki. Apalagi karena rusak, cukup lama kerta itu tidak beroperasi. “Ini juga terkait dengan keberangkatan kereta lainnya. Khawatir terjadi kerusakan di tengah perjalanan dan bertemu dengan kereta lain,” jelasnya.

Railbus Kertalaya berangkat dari Stasiun Kertapati menuju Stasiun Inderalaya pukul 07.30 WIB dan 09.30 WIB. “Keberangkatan dari Stasiun Inderalaya menuju Stasiun Kertapati juga dua kali, pukul 08.30 WIB dan 15.00 WIB,” tukas Rapino. (rip/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 28 Maret 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: