Truk Batu Bara Hajar Dua Mobil


Bus Rico Terguling, Kijang Ringsek Depan

Truk Batu Bara Hajar Dua Mobil

MUARA ENIM — Tabrakan beruntun, terjadi di jalan berupa tikungan menanjak di Desa Tanjung Raman, Kecamatan Ujan Mas, Muara Enim, Selasa (11/3) sekitar pukul 09.30 WIB. Mobil dump truck batu bara bernopol BM 9288 EU menabrak bus AKDP Rico hingga terguling , lalu menghantap mobil Toyota Kijang yang berada di belakang bus Rico.

Sebelum kejadian, dump truck batu bara tanpa muatan yang disopiri Samsuardi (51), warga Riau, melaju dari arah Palembang menuju Muara Enim. Sementara bus AKDP Rico Bernopol BG 7492 TU datang dari arah Muara Enim tujuan Palembang. Bus AKDP Rico itu membawa 12 penumpang, ditambah satu karnet. Menurut sopir bus AKDP Rico, Juan Andi (28), dump truck batu bara itu melaju kencang karena sedang memotong mobil di depannya.

“Saat itu aku sudah menduga mobil dump truck itu akan menabrak mobil bus aku, karena ketika menyalip (memotong, red) hilang kendali,” kata Juan yang menderita luka lecet dan memar ditubuhnya.

Tabrakan keras dengan mobil dump truck itu, membuat bus AKDP Rico berguncang hebat dan hilang kendali. Sempat oleng, akhirnya terguling di tengah badan jalan. Bahkan, as roda belakang bus sampai lepas. Masih beruntung tak ada korban jiwa dari penumpang bus. Selain Juan yang memar dan lecet, kernetnya, Diko Ario (25) patah tangan kiri.

Satu penumpang lagi sempat dirawat di RSU dr HM Rabain Muara Enim, yakni Samliah (53), warga Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujan Mas. Sementara penumpang lainnya, hanya luka lecet di beberapa bagian tubuhnya. Usai menjungkalkan bus AKDP Rico, dump truck terus melaju menabrak mobil Kijang Kapsul bernopol BG 1633 PF, yang beriringan dengan bus AKDP Rico.

Mobil Kijang itu dikemudikan Wagiran, warga Tanjung Enim. Bagian depan mobil Kijang itu ringsek berat, manun Wagiran selamat. Sopir dump truck Samsuardi mengakui hendak memotong mobil lain di depannya. “Tiba-tiba rem blong, mobil jadi hilang kendali sehingga menabrak bus dan mobil Kijang.” akunya. Bagian depan dan kabin mobilnya juga rusak, akibat menghantam bus Rico dan mobil Kijang itu.

Jajaran Satlantas Polres Muara Enim, dipimpin Kanit Patroli Ipda Desi Azhar dan Kanit Laka Iptu Gultom, bersama anggotanya melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalur Palembang–Prabumulih tersebut, sembari melakukan olah TKP. Mobil yang terlibat kecelakaan digeser ke pinggir jalan, sementara pengemudinya dibawa untuk dimintai keterangannya.

Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Tommy B Souisa, mengatakan dari hasil olah TKP menduga mobil dump truck dengan kecepatan tinggi, hingga menabrak bus dan mobil Kijang. “Bukannya mengalami rem blong, karena ada bekas jejak ban mengerem di aspal sejauh 21 meter dari mobil dump truk. Kami perkirakan kecepatannya 80 km/jam,” beber Tommy. (bis/air/ce2)

Sumatera Ekspres, Rabu, 12 Maret 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: