Ratusan Sopir Angkot Datangi Kantor Wali Kota


Ratusan Sopir Angkot Datangi Kantor Wali Kota
Tolak Penghapusan: Ratusan sopir angkot kembali datangi Kantor Walikota Palembang, menuntut pembatalan penghapusan lima trayek angkot, Rabu (19/2)

PALEMBANG — Ratusan sopir angkutan kota Palembang, Rabu (19/2) mendatangi gedung Pemkot, guna menyampaikan aspirasi. Mereka menolak Peraturan Walikota No 1.465 Tahun 2008 tentang Penghentian Peremajaan atau Penggantian Kendaraan Bus Kota dan Angkutan Kota.

Demo kali ini, para sopir dan kernet membawa kendaraan masing-masing, sehingga nyarir parkir disekitar Pemkot dipenuhi angkot. “Kami mau bertanya kepada pemerintah, sebenarnya apa yang dilakukan selama dua pekan ini kenapa belum ada keputusan yang diberikan kepada kami (tentang trayek angkot, red),” ujar Yanto Enjoy, Koordinator Aliansi Trayek Plaju, usai melakukan mediasi dengan Dinas Perhubungan dan Asisten II Setda Kota Palembang.

Dalam aksi itu para sopir mendesak agar pemeritah menghapuskan Perwali tentang penghapusan trayek angkot. “Kami tidak terima jika dikatakan sebagai penyebab kemacetan, karena jumlah seluruh angkot hanya 200 unit, tidak sebanding dengan kendaraan-kendaraan lainnya.

Masalah pengalihan ke trayek baru, pihaknya sudah melakukan uji coba, namun hasilnya para sopir angkot tidak mendapatkan penumpang. Sementara itu Asisten II bagian Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Palemban, Hardayani mengatakan, Perwali Palembang Ni 1.465 tahun 2008 tidak mutlak. “Perwali tersebut tidak mutlak, bisa berubah, karena dalam Perwali tertera sewaktu-waktu bisa berubah,” ujarnya.

Perwali tersebut, lanjutnya, tidak serta merta unt menhilangkan pencaharian para sopir angkot, melainkan untuk menata lalu lintas dalam kota. Ditambahkann Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Masripin Toyib, pihaknya akan melakukan pembahasan maalah tersebut dengan walikota. “Kalau sekiranya tidak memungkinkan di-feeder yang sudah ditentukan, tentunya kita akan mencarikan rute baru lainnya, agar lebih bisa menguntungkan,” ujarnya.

Soal permintaan para sopir agar diizinkan beroperasi selama pembahasan masalah ini, Masripin mengungkapkan tidak bisa mengabulkan permintaan itu, karena akan bertentangan dengan peraturan yang telah ada. (cr5)

Sumber: Sriwijya Post, Kamis, 20 Februari 2014

Ratusan Sopir Angkot Datangi Kantor Wali Kota
Imbau Sopir Tetap Beroperasi: Dua anggota TNI mengimbau sopir angkot agar tetap beroperasi, saat unjuk rasa sopir angkot di Jl Merdeka, Rabu (19/2). Namun imbauan anggota ini tak digubris. Para sopir tetap menurunkan penumpang karena takut dengan rekan yang memaksa berdemo

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: