Rangka Baja Paling Murah


Telan Biaya Rp 585 M, Mulai Bebaskan Lahan

Rangka Baja Paling Murah

PALEMBANG — Pembangunan Jembatan Musi IV, alternatif penghubung Seberang Ulu dan Seberang Ilir selain Jembatan Ampera tak lagi sekedar rencana. Saat ini, pembebasan lahan untuk proyek tersebut sudah sudah mulai dilakukan. Kepastian itu diungkap Kepala Dinas PU Bina Marga dan PSDA, Dharma Budi, di ruang kerjanya, kemarin. Katanya, lahan yang akan dibebaskan luasnya 4.395 hektare. “Detail engineering design (DED) sudah selesai. Mulai pembebasan lahan,” katanya.

Menurut Budi, jembatan yang punya panjang bentang 1.708 meter atau 1.708 km itu akan berada di trase alternatif tiga. Titik di Seberang Ilir berada di Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur (IT) II, tepatnya Jl Slamet Riady (areal Dinas Tata Kota). Sedangkan di Seberang Ulu berada di Kelurahan 14 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, tepatnya di Jl A Yani. “Nantinya, Jembatan Musi IV akan menghubungkan Jl Perintis Kemerdekaan dan Jl A Yani,” ucapnya.

Menurut Budi, pelaksanaan pembebasan lahan diperkirakan memakan waktu 3-6 bulan dengan estimasi biaya sekitar Rp 13,212 miliar yang dikucurkan secara bertahap. “Alokasi pemkot sekitar Rp 10 miliar, selebihnya dari ABPD Provinsi dan APBN,” beber Budi. Dengan perkiraan Juli, rampung pembebasan lahannya, langsung disusul lelang tender pengerjaan,” tuturnya.

Kata Budi, estimasi pembiayaan pembangunan Jembatan Musi IV berdasarkan feasibility study (FS) rinciannya, untuk kontruksi jembatan Rp 585 miliar dengan pembiayaan tahun jamak, kontruksi jalan Rp 4 miliar, serta biaya desain dan supervisi Rp 31 miliar. “Ini hasil dokumen perencanaan pengadaan tanah,” ungkapnya.

Jembatan Musi IV menggunakan desain rangka baja. Kontruksi ini dipilih karena dinilai lebih hemat dalam penggunaan bahan sehingga biayanya lebih murah. Apalagi keberadaannya sebagai prasarana aksesbilitas yang dibutuhkan untuk memperlancar pergerakan antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Sebenarnya, ada tiga alternatif jembatan yang diajukan untuk kontruksi Jembatan Musi IV. Ada jembatan kabel-penahan (cable-stayed R bridge) dengan perkiraan kebutuhan dana Rp 1,3 triliun, jembatan penyangga (centilever bridge) Rp 734 miliar, dan jembatan kerangka baja (truss bridgeRp 585 miliar. “Karena paling murah dan dapat menekan anggaran, makanya dipilih yang rangka baja saja,” imbuhnya.

Diwartakan sebelumnya, telah dilakukan review FS, penyusunan analisis mengnenai dampak lingkungan (amdal), dan dokumen perencanaan pengadaan tanah dengan pembiayaan dari APBD Kota Palembang 2013. Sedangkan review desain, Rp 1 miliar dari APBN. Kemudian, Rp 10 miliar untuk kontruksi dianggarkan dalam APBD Kota tahun ini.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional Metropolitan Palembang, Ahmad Taruna Jaya mengatakan, saat ini dokumen untik pembangunan Jembatan Musi IV mulai dari FS, Amdal, dan dokumen perencanaan pembebasan lahan sudah disetujui Wali Kota Palembang. (yun/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 11 Februari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: