Usul 3 Rute Baru TAA


Sedang Dikaji Kemenhub RI

Usul 3 Rute Baru TAA

PALEMBANG — Sukses menghidupkan rute pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) ke Tanjung Kalian, Muntok (Bangka). Sumsel membidik pelabuhan lain. Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Sumsel membidik tiga pelabuhan besar di Pulau Jawa.

Adapun rencana tiga rute pelayaran baru itu diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Penyelenggaraan dan Pembinaan Angkutan Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan (PPALSDP) Dishukominfo Sumsel, Mangasi Sinaga, belum lama ini.

Usulan tiga rute itu sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. “Sudah kami sampaikan (usulan) itu beberapa minggu lalu,” ujarnya. Katanya, tiga pelabuhan yang diincar itu yakni Pelabuhan Merak, Cilegon dan Tanjung Priok.

Diakuinya, butuh proses lumayan panjang lantaran untuk merealisasikan itu harus dibangun dermaga baru lagi di Pelabuhan TAA. Dengan begitu, aktiviras untuk rute ke Pulau Jawa itu tidak mengganggu rute pelayaran ke Muntok, Bangka.

“Mudah-mudahan bisa ada dukungan pendanaan yang dialokasikan untuk membangun dermaga baru tersebut. Tujuannya agar operasional tiga rute baru itu akan lebih efektif jika lintasan menuju Jawa dikabulkan pemerintah pusat,” ungkap Mangasi.

Saat ini, ucap Mangasi, rencana lintasan baru tersebut sedang dalam kajian Kemenhub RI. Katanya, memeng harus dilakukan studi dahulu sebelum izin keluar. Studi dalam rangka meninjau berbagai aspek terkait, mulai dari sisi legalitas, ekonomi, infrastruktur vital maupun penunjuang yang diperlukan.

“Target kami, lebih cepat lebih baik. Pasalnya, tiga rute itu benar-benar strategis untuk dijadikan aktivitas pelayaran kapal dari TAA atau sebaiknya,” cetusnya. Namun, semua tergantung pemerintah pusat. “Izin lintasan antar provinsi itu bukan wewenang kami, melainkan pusat,” beber Mangasi.

Jika izin untuk tiga rute itu disetujui, maka perlu dipersiapkan pula izin operasional perkapalan. Dibutuhkan investasi besar dari para operator untuk mengadakan kapal yang akan melayari tiga rute ini. Setidaknya, untuk satu kapal saja dibutuhkan dana sekitar Rp 15-20 miliar.

Termasuk untuk merekrut awak yang berpendidikan khusus dan memiliki sertifikasi dalam bidan pelayaran. “Kami sendiri belum ada pengangkatan secara khusus dengan para operator kapal. Hanya saja mereka kurang informasi terkait dengan rencana ini. Kami memaklumi karena memang untuk mewujudkan itu butuh material dan sumber daya manusia (SDM) berkualitas tinggi,” ungkapnya.

Namun ia memastikan, ada banyak manfaat yang diambil jika tiga rute pelayaran baru ke Pulau Jawa itu berhasil diwujudkan. Mulai dari mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas jalan lintas timur (Jalintim), menambah umur Jalintim, dan meningkatkan keamanan lalu lintas Jalintim yang selama ini rawan kecelakaan.

“Yang jelas, akan besar juga nilai tambah ekonomis yang bisa didapat karena semakin banyak perjalanan tentunya akan menambah biaya menjadi lebih tinggi,” beber Mangasi. Dengan memperpendek rute, maka konsumen akan lebih hemat biaya melakukan perjalanan darat yang memang tergolong sangat jauh.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan TAA, Suddin Saputra, mengungkapkan, rute pelayaran menuju Jawa memang diusulkan berdasarkan minat dan permintaan masyarakat. Sudah dilakukan survei sederhana terkait rencana pengembangan rute baru dari Pelabuhan TAA.

“Kami telah melakukan survei dengan langsung menanyakan kepada para pengguna jasa tujuan ke Jawa. Nah, mereka berharap adanya rute dan kapal yang langsung menuju Pulau Jawa,” pungkasnya. (rip/ce1)

Rute
Pelabuhan TAA – Merak
Pelabuhan TAA – Tanjung Priok
Pelabuhan TAA – Cilegon

Kebutuhan infrastruktur
Operator kapal
Dermaga baru

Progres
Dalam kajian Kemenhub RI

Sumatera Ekspres, Senin, 27 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: