Warga Mulai Terserang Gatal-gatal


Warga Mulai Terserang Gatal-gatal
Bantu: IDI OKI memberikan bantuan kepada korban banjir di Desa Rawang Besar, Kecamatan SP Padang, OKI

SUMSEL — Hingga hari ke-7, kondisi banjir di Desa Awal Terusan, Terusan Laut, dan Rawang Besar, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), belum surut. Bahkan, di Desa Rawang Besar warga mulai mengeluhkan penyakit gatal-gatal. Keluhan ini cepat direspon pihak Dinas Kesehatan OKI dengan mendirikan posko kesehatan di Desa Awal Terusan, Kecamatan SP Padang.

Kepala Dinas Kesehatan OKI, dr Mgs HM Hakim MKes mengaku, korban banjir mulai terserang penyakit gatal-gatal. “Ada beberapa warga yang telah mendatangi posko dengan keluhan gatal-gatal,” ujar Hakim kepada koran ini, kemarin (16/1).

Di kesempatan itu juga, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten OKI menyerahkan bantuan berupa mi instan sebanyak 50 dus dan 50 buah kelambu yang diperuntukkan bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil. “Dalam kondisi seperti ini nyamuk demam berdarah mudah sekali berkembang biak dan akan menyerang warga terutama balita. Untuk itu kami kami berikan bantuan 50 buah kelambu ini berikut mi instan sebanyak 50 dus,” ujar Ketua IDI Kabupaten OKI , dr Hery yang menyerahkan langsung bantuan itu kepada Kepala Desa Rawang Besar, Ruspan Effendi, kemarin.

Terpisah, Pemerintah Provinsi Sumsel menyalurkan bantuan beras untuk korban banjir di dua kecamatan, Sungai Rotan dan Muara Belida. Banjir akibat Sungai Musi meluap karena tingginya curah hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muara Enim, Ir Untung Surapati MT mengatakan, dari Pemprov Sumsel menyerahkan bantuan sebanyak 10 ton beras. (bis/hak/lia/ce5)

Hari Pertama, Bupati Tinjau Lokasi Banjir
Hari pertama masuk kerja sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar-Muhammad Rifai, didampingi para asisten, Kadinkes dr Mgs HM Hakim, kemarin (16/1), meninjau lokasi banjir di beberapa titik di wilayah Kayuagung dan Kecamatan SP Padang.

Dalam kunjungannya, Iskandar meminta kepada para korban banjir untuk bersabar atas bencana yang terjadi saat ini. “Kami dari Pemerintah Kabupaten OKI dan pemerintah provinsi pasti akan segera memberikan bantuan kepada para korban banjir. Besok (hari ini, red) bantuan berupa sembako dan beras akan disalurkan,” kata Iskandar kepada para korban banjir di Desa Rawang besar, kemarin.

Selain mendatangi beberapa titik lokasi banjir, Iskandar-Rifai juga menyempatkan diri mendatangi masing-masing kantor Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (FKPD) yang ada di Kabupaten OKI. Kunjungannya ke FKPD untuk meminta dukungan dalam menyukseskan pembangunan Kabupaten OKI yang dimulai dari desa. (hak/lia/ce5)

Sumatera Ekspres, Jumat, 17 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: