Wako Bakal Hidupkan Pasar Terapung Sungai Musi


Wako Bakal Hidupkan Pasar Terapung Sungai Musi
Pasar Terapung Sungai Musi Tempo Dulu

Kota Palembang adalah kota tua yang terkenal dengan ikon Sungai Musi yang membelah tepat di tengah kota. Sejak zaman Kerajaan Sriwjaya, Sungai Musi sudah menjadi pusat perdagangan para saudagar, baik dari kerajaan maupun dari luar kerajaan. Oleh karena itu, Wali Kota Palembang akan mengembalikan fungsi Sungai Musi sebagai pusat perdagangan, salah satunya menghidupkan kembali pasar terapung.

Demikian keinginan Wali Kota Palembang H Romi Herton SH MH saat mengunjungi Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, kemarin. Persamaan karakter antara Kota Palembang dengan Banjarmasin menjadi dasar pemikiran Romi Herton untuk menghidupkan kembali pasar terapung modern di sepanjang Sungai Musi. Perdagangan di atas Sungai Barito masih sangat kental dan demikian hidup. Masyarakat memanfaatkan sungai untuk melakukan transaksi perdagangan berbagai jenis dagangan. Suasana ini menjadi panorama yang sangat menarik bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Wisatawan seakan-akan sedang tamasya dan menikmati keindahan Sungai Barito secara langsung sambil menyakskan masyarakat setempat bertransaksi.

Wako Bakal Hidupkan Pasar Terapung Sungai Musi
Tepian Sungai Musi Tempo Dulu

Jukung-jukung dengan sarat muatan barang dagangan sayur-mayur, buah-buahan, segala jenis kan, dan berbagai kebutuhan rumah tangga tersedia di pasar terapung. Hal inilah yang akan dilakukan kembali oleh Wali Kota Palembang H Romi Herton. Dimana dulu pusat perdagangan bermuara di Sungai Musi.

H Romi Herton mengatakan, dulu pusat bermuara di Sungai Musi pada masa Kerajaan Sriwijaya. “Kota Palembang memiliki Sungai Musi yang sangat luar biasa potensinya. Dengan adanya pasar terapung, akan menark wisatawan untuk datang dan melihat khidupan yang menarik di Sungai Musi. Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitar sungai akan perlahan-lahan memperbaiki perekonomiannya dengan berdagan di Sungai Musi,” papar Romi Herton. (adv)br />

Sumatera Ekspres, Kamis, 16 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: