Usulkan Flyover Simpang Bandara


Usulkan Flyover Simpang Bandara PALEMBANG — Mengatasi masalah macet di Metropolis Palembang, Dinas PU Bina Marga (PUBM) Sumsel mengusulkan pembangunan flyover simpang bandara. Usulan ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUBM, Ir Rizal Abdullah Dipl SE MT, kemarin.

Permintaan itu disampaikannya kepada Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III. “Memang sangat diperlukan penambahan satu titik flyover di sana (simpang bandara) karena volume kendaraan yang lalu lalang melalui persimpangan TAA makin padat,” kata Rizal usai rapat koodinasi (rakor) bersama stakeholders terkait di Kantor Dinas PUBM Sumsel, kemarin (15/1).

Katanya, jika pelabuhan TAA sudah operasional penuh, kepadatan kendaraan akan semakin bertambah lagi. Jika tidak segera dicarikan antisipasinya, kemacetan parah akan semakin menjadi. “Pemecahannya harus dibangun flyover atau underpass, ujarnya.

Jika berbagai program insfrastruktur tidak segera dilakukan, Palembang diprediksi macet total pada 2019 mendatang. “Itu sudah berdasarkan kajian para ahli dengan melihat pertumbuhan volume kendaraan yang ada sekarang,” beber Rizal.

Diungkapnya, titik kemacetan di Palembang seperti Simpang Bandara, Bypass Musi II, Simpang Patal, Simpang Jakabaring, Simpang Charitas, dan beberapa ruas jalan lainnya. Perlu juga ada pemecahan kemacetan di Ampera dan Simpang Charitas.

Untuk Jembatan Ampera, bisa dipecahkan dengan mempercepat pembangunan Jembatan Musi IV dan Musi VI. “Sedangkan macet di Simpang Charitas tidak mungkin dibangun underpass lantaran kondisi jalan yang lebih rendah dari Sungai Musi. Sedangkan untuk flyover harus yang dikorbankan dalam pembebasan lahannya. Misalnya saja Gedung Bank Indonesia (BI) dan RS RK Charitas,” cetusnya.

Untunglah sekarang sedang dibangun flyover simpang Jakabaring dan underpass simpang Patal. Setidaknya, dua proyek ini akan jadi solusi untuk mengurai kemacetan di dalam kota. Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III, Tasripin mengungkapkan, pembangunan flyover atau underpass di simpang empat bandara tidak bisa dilakukan secepatnya.

“Perlu sejumlah kajian dan koordinasi terlebih dahulu,” ujarnya. Namun, pembangunan jembatan baru memang mendesak dilakukan. “Kami masih melihat dananya juga mengingat sumbernya dari APBN,” pungkas Tasripin. (rip/ce1)

Sumatera Ekspres, Kamis, 16 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

One Response to Usulkan Flyover Simpang Bandara

  1. Kurniawan says:

    Mantab kalau terlaksana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: