Tak Miliki IPAL


Tak Miliki IPAL
Cek Lapangan: Petugas BLH Kota Palembang menyaksikan proses pembuatan tahu di salah satu tempat produksi di kawasan Bukit Lama

PALEMBANG Limbah dari industri tahu di kawasan Bukit Lama membuat sejumlah warga terganggu. Tim dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang akhirnya turun dan melakukan penyecekan lapangan berdasarkan informasi yang masuk.

Pengecekan kemarin mendatangi tiga tempat pembuatan tahu dari total 32 industri tahu yang terdata. Tiga tempat yang didatangi berada di Jl Sungai Itam, RT 16, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat (IB) I. Dalam pengecekan, ditemukan ada limbah dari produksi tahu yang langsung dibuang begitu saja tanpa melalui proses pengolahan limbah. Usaha tahu tersebut tidak tidak memiliki instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) dan surat izin tempat usaha (SITU).

Kepala BLH Kota Palembang Thabrani melalui Kasubdit Penegakkan Hukum Lingkungan, Zama, menjlaskan , pihaknya mengecek tiga usaha tahu dan mengambil sampel limbahnya untuk diteliti di laboratorium.

“Untuk hasil penelitian di laboratorium baru tahu sekitar 14 har kerja,” ujarnya didampingi Kasubdit Komunikasi Lingkungan, Indartri Stiantoro. Diakui Zama, para pengusaha yang dicek pihaknya kemarin tidak mengantongi izin sama sekali.

Untuk itu, secepatnya mereka akan dipanggil ke kantor BLH Palembang agar mengurus izin limbah cair serta SITU. Yang terpenting, kata Zama, para pengusaha tahu tersebut akan dibina. “Sambutan dari mereka cukup positif dan proaktif,” imbuhnya.

Yang akan dicek dari sampel limbah tahu tersebut adalah kandungan biochemical oxygen demand (BOD), chemical oxygen demand (COD), PH serta kandungan zat lainnya. Ada standar baku mutu yang menjadi acuan penelitian sampel di laboratorium.

Kalau hasilnya terbukti ada zat yang melebihi baku mutu, maka limbah tahu tersebut bisa dikatakan mencemari lingkungan. Lurah Bukit Lama., Alexander SIP MSi, mengungkapkan, dari hasil pantauan di lapangan, usaha tahu yang dicek memang tidak memiliki bak penampungan limbah, sesuai laporan dari warga. Di wiliyahnya memang banyak usaha tahu.

Sayang sekali, tempat produksi tahu yang jadi panganan sehari-hari berbahan kedelai itu terbilang kotor. “Ke depan, BLH dan kecamatan akan menindaklanjuti kondisi ini. Sebulan lalu sudah ada pembinaan untuk 35 pengusaha tahu di kantor kecamatan, khusu mengenai pemasalahan limbahnya,” tukasnya. (uni/ce1)

Harus Higienis dan Bersih
Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palembang, Hafizal Amin, mengatakan, kegiatan industri harus memenuhi standar dan persyaratan yang telah ditetapkan. Termasuk soal kehigienisan proses dan kebersihan tempat produks.

Jika memang ada laporan dari masyarakat terkait produksi tahu yang tidak sesuai aturan, Disperindagkop akan melakukan pengecekan lapangan dan melakukan varifikasi. “Kami akan segera cek ke lapangan bersama instansi terkait (Dinas Kesehatan) untuk mengambil sampel,” jelasnya.

Menurut Hafizal, pengecekan dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari lokasi, limbah, bahan baku, hingga cara produksi. “Biasanya, usaha tahu itu diprotes warga berkaitan dengan limbahnya. Tidak jarang limbah dari produksi tahu langsung dibuang ke selokan sehingga menimbulkan bau yang tida sedap. Itu juga akan kami cek,” bebernya.

Harusnya, kegiatan usaha yang merugikan warga dapat langsung ditindaklanjuti oleh ketua RT, lurah atau camat setempat. Lalu dilakukan tindakan preventif, bukan represif.

Selama ini, ucap Hafizal, produksi tahu di Palembang sudah sesuai standar. Disperindagkop rutin turun melakukan pengecekan. Namun terkadang, ada pedagang yang tidak mau rugi. Demi keuntungan besar, mereka melakukan cara yang tidak lazim. Saah satunya mencampurkan bahan berbahaya seperti formalin dan zat pewarna kimia agar tahu lebih awet dan menarik. yun/ce1)

Sumatera Ekspres, Selasa, 14 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: