Turunnya Daya Tubuh Picu Sariawan


Turunnya Daya Tubuh Picu Sariawan Pada umumnya, masyarakat mengenal sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Padahal, penyebab lain terjadinya sariawan yakni stres. Ketika seseorang mengalami stres, daya tahan tubuh akan menurun sehingga mudah terjadi sariawan berulang. “Stres menjadi salah satu pencetus penyakit sariawan,” ujar dr Erial Bahan MSc, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang.

Dijelaskan, ketika sariawan berulang, bisa jadi seseorang mengalami stres. Meskipun ia telah mengonsumsi banyak vitamin C, sebaiknya penangan stres yang lebih diutamakan. Menurut medis, sariawan disebut stomatis aphtosa yang disebabkan infeksi pada selaput mukosa di daerah mulut, bibir, dan lidah.

“Infeksi itu berawal dari luka yang timbul akibat kurangnya jaringan ikat yang memperkuat mukosa di dalam mulut. Kekurangan vitamin C menyebabkan jaringan muukosa dalam mulut rentan luka sehingga terinfeksi kuman,” jelasnya.

Selain itu, sariawan timbul karena adanya trauma seperti bibir atau lidah yang tergigit saat mengunyah makanan atau terkena benturan sikat gigi saat menyikat gigi. Akibatnya, mukosa dalam mulut robek atau luka, akhirnya terinfeksi.

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan sariawan, yakni adanya infeksi yang menyerang daerah mulut, rentan terjadi pada anak-anak. “Anak yang sakit mudah sekali mengalami infeksi jamur candida yang menyerang mukosa mulut sehingga timbul sariawan,” kata dr Erial.

Jika daya tahan tubuhnya cukup baik, sariawan dapat sembuh sendiri dengan proses penyembuhan jaringan berkisar lima sampai tujuh hari. Pengobatan sariawan, lanjut dr Erial, sangat bergantung pada faktor penyebab terjadinya sariawan. Kalau terinfeksi bateri atau jamur, maka harus diberi antibiotik atau obat antijamur. Terkadang, diberikan obat untuk mempercepat penyembuhan luka.

“Bila berlangsung kronis yakni lebih dari dua minggu tau berulang, maka sariawan itu tidak dapat ditangani melalui penangan sederhana. Sebaiknya segera diperiksa ke dokter karena dikhawatirkan ada penyakit serius yang mendasari timbulnya sariawan tersebut,” tutupnya. (cj3/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 13 Januari 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: