Dua Desa Kebanjiran


Dua Desa Kebanjiran
Banjir: Desa Rawang Besar dan Terusan Laut, Kecamatan SP Padang, OKI, terendam banjir. Selain merendam rumah, banjir juga merendam badan jalan sehingga warga terpaksa menggunakan perahu

KAYUAGUNG — ratusan rumah warga Desa Rawang Besar dan Terusan Laut, Kecamatan SP Padang, OKI, terndam banjir. Banjir melanda dua desa sejak satu bulan terakhir. Namun awalnya belum merendam ratusan rumah.

Menurut Kades Rawang Besar, Rustan, banjir di desanya tidak saja merendam sekitar 55 rumah, tapi juga jalan aspal sepanjang lima kilometer dari Dusun I hingga Dusun III. “Sehingga transportasi darat dalam desa lumpuh total dan warga terpaksa menggunakan perahu,” katanya, kemarin (12/1).

Beberapa hari ini air meninggi sehingga rumah yang terendam semakin bertambah. Rata-rata yang terendam adalah rumah panggung bertingkat dan ada sebagian juga rumah gedung permanen.

Dikatakan Kades, bahwa rumahnya juga tidak luput dari bencana banjir. Terpaksa warga mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga yang tidak terkena banjir. “Hingga hari ini (kemarin, red) belum ada bantuan yang diterima warga, namun bencana tersebut sudah saya laporkan ke Kantor Kecamatan SP Padang,” ujarnya.

Di Desa Terusan Laut, Kecamatan SP Padang, katanya, mencapai 50 rumah lebih dan fasilitas umum seperti masjid dan jalan terendam. Kecamatan SP Padang dan Pampangan serta Kayuagung banyak perkebunan kepala sawit sehingga lima tahun ini jadi langganan banjir. Camat SP Padang OKI, Nursula SSos membenarkan rumah warga dua desa tersebut terendam banjir. “Kami sudah ke lapangan dan melaporkan ke Pemkab OKI,” ujarnya. (hak/lia/ce5)

Sumatera Ekspres, Senin, 13 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: