Oknum Polisi Simpan Sabu


Diamankan Satu Ji Sabu

Oknum Polisi Simpan Sabu
Amankan: Briptu Apriansyah (Kaos Merah), bersama rekannya Feri, saat diamakan di Mapolsekta IT I berikut barang bukti

PALEMBANG — Penyalahgunaan barang haram berupa narkoba oleh oknum polisi masih saja terjadi. Kali ini Briptu Afriansyah (31), oknum polisi yang bertugas di bagian Sabhara Polres Banyuasin, diamankan petugas Polsekta Ilir Timur (IT) I Palembang terkait kasus narkoba jenis sabu. Sebelumnya, oknum polisi Biddokes Polda Sumsel, Briptu Amri Siburian, ditangkap aparat Reskrim Polsekta Ilir Timur (IT) I, saat pesta sabu di penginapan Sawah Besar, Jl Mayor Salim Batubara, sekitar pukul 11.00 WIB, pada 18 Desember 2013 lalu.

Tidak hanya Briptu Afriansyah , petugas Polsekta IT I juga mengamankan tersangka lainnya, Feri (34), Warga Sungai Batang, Jl Mayor Zein, Lr Bangunan, Kelurahan Sei Lais, Kalidoni. Dari para tersangka ini, diamankan barang bukti (BB) satu paket sedang sabu dan satu paket kecil sabu, dengan total satu ji seharga Rp 1 juta. Selain itu, diamankan beberapa plastik transparan dan mobil Toyota Avanza warna hitam dengan nomor polisi (nopol) BG 1836 PN.

Kedua tersangka ditangkap di Jl Dempo Dalam, tepatnya depan penginapan Relasi, sekitar pukul 12.00 WIB, Kamis (9/1). Penangkapan diawali dari informasi yang diterima petugas dari masyarakat. Yang menyebutkan, kerap terjadi transaksi narkoba di kawasan Lapangan Hatta. Selanjutnya, petugas langsung melakukan penyelidikan dan berpura-pura memesan sabu (under cover buy).

Kemudian, petugas melihat mobil Toyota Avanza warna hitam BG 1836 PN yang mencurigakan. Anggota kemudian membuntuti mobil tersangka yang tampak melawan arah dari Lapangan Hatta menuju Jl Dempo Dalam.

Tak mau buruannya lepas, petugas pun langsung menyergap mobil tersangka. Saat digeledah, ternyata di dalam dashboard mobil tersangka terdapat dua paket sabu. Oleh petugas, kedua tersangka pun langsung digelandang ke Mapolsekta IT I untuk dilakukan pemeriksaan.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting, melalui Kapolsekta IT I, Kompol Afira Jaya, membenarkan pihaknya mengamankan dua tersangka terkait kasus narkoba jenis sabu. Salah satu tersangka merupakan oknum polisi Sabhara Polres Banyuasin.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Polres Banyuasin dan memang benar Briptu Afriansyah ialah anggota polisi. Kedua tersangka juga positif menggunakan narkoba dan diamankan barang bukti sabu sebanyak dua paket sabu dari mereka,” ujar Afria Jaya.

Sementara, tersangka Briptu Afriansyah membantah menjual sabu. Dirinya mengaku kalau sabu tersebut untuk dipakai sendiri. Dia juga mengatakan, sudah enam bulan mengonsumi narkoba.

Sementara tersangka Feri mengaku hanya disuruh membeli sabu oleh Briptu Afriansyah. Dirinya hanya mendapatkan upah memakai sabu secara bersama-sama.

Kabid Propam Polda Sumsel, Kombes Pol J Didiek DP, melalui Kasubdit Provost, Kompol Fijar, membenarkan adanya oknum polisi yang ditangkap karena terlibat kasus narkoba. Pihaknya telah melakukan pemeriksaan awal dan mengecek tersangka di Mapolsekta IT I.

Terpisah, Kapolres Banyuasin, AKBP Ahmad Iksan SIk, membenarkan yang bersangkutan merupakan anggota Polres Banyuasin bertugas di Mapolsek Rantau Bayur. “Memang anggota kita, dan yang bersangkutan ditangkap di Palembang,” ujarnya seraya mengatakan, kemungkinan besar yang bersangkutan akan dipecat. (gti/qda/ce4)

Sumatera Ekspres, Sabtu, 11 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: