Pedagang Naikkan Harga


Pedagang Naikkan Harga
Sepi: Tampak seorang pedagang sayur di Pasar Cinde tengah bersantai sambil menunggu pembeli yang sejak pagi terlihat sepi, kemarin (6/1)

PALEMBANG — Masyarakat harus bisa mengatur pembelian beberapa kebutuhan bahan pokok. Pasalnya, di sejumlah pasar tradisional, sebagian pedagang mulai menaikan harga sembako, seperti telur, cabe, dan beras.

Sulaiman, salah seorang pedagang di Pasar Sekip Ujung mengaku, untuk telur ayam saat ini dari harga Rp15 ribu/kg naik menjadi Rp17 ribu/kg. Begitu pula untuk harga cabe dari Rp 27 ribu/kg menjadi Rp 28 ribu/kg. “Kenaikan ini baru beberapa hari terjadi. Salah satu faktor pemicu adalah karena cuaca,” bebernya.

Diakuinya, banyak pembeli yang kaget saat ingin berbelanja kebutuhan bahan pokok di pasar. Meskipun kenaikannya sedikit tapi ini mempengaruhi daya beli konsumen yang biasa banyak menyetok barang kebutuhan pokok akan mengurangi jumlah pembeliannya.

Sementar itu, Kabid Pembinaan Perdagangan Dalam Negeri Disperindagkop Kota Palembang, Juni Aslansi menerangkan, sebenarnya ada beberapa pedagang pasar yang menaikan harga. Karena dari tiga pasar yang setiap hari dilakukan pengecekan oleh pihaknya seperti Pasar Cinde, Km 5, dan Pasar Lemabang, sejak 2 Januari hingga hari ini (kemarin, red) harganya tetap normal,” ungkap Juni — sapaan akrabnya.

Menurutnya, terjadi inflasi dan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) jadi mempngaruhi harga kebutuhan pokok. (uni/via/ce2)

Sumatera Ekspres, Selasa, 8 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: