Kenang Perjuangan Palembang


PALEMBANG — Masyarakat yang menikmati Program Car Free Day di Jl Jenderal Sudirman, kemarin (5/1) dikejutkan dengan dentuman suara ledakan serta asap. Puluhan orang berseragam layaknya tentara zaman dahulu sedang bertempur di jalanan.

Meski suasana mencekam para masyarakat yang menonton tidak takut. Mereka justru ramai menyaksikan adegan demi adegan peperangan ini dari pinggir jalan. Suasana itu menggambarkan teatrikal Perang 5 Hari 5 Malam. Itu peperangan pejuang dan masyarakat Palembang melawan penjajah.

Cerita ini diambil dari fakta sejarah tahun 1972 lalu,” kata Rasyid Irfandi, Ketua Bucu Inside Palembang (BIP). Teatrikal Perang 5 Hari 5 Malam ini sendiri diperankan oleh anggota BIP, berkolaborasi dengan anggota Yayasan Tandipulau serta pelajar dan mahasiswa dari berbagai SMA dan universitas di Palembang.

Mereka menggelar acara ini lantaran rindu dengan karnaval berbasis sejarah. Ini juga dianggap sebagai sebuah kreasi untk menghargai sejarah perjuangan Kota Palembang. “Kita rindu hiburan seperti ini, yang mengingatkan sejarah masa dahulu. Karena itulah, kami berani mengadakan acara ini. Para talent yang berpartisipasi semuanya tanpa bayaran sama sekali,” bebernya.

Start teatrikal di simpang Charitas, pukul 07.00 WIB. Pementasan dilakukan di lima titik secara kontinyu. Dari simpang Charitas, peperangan berpindah ke Cinde, lalu kawasan IP, Bundaran Air Mancur (BAM) dan berakhir di Monpera. “Ini bisa jadi acara tahunan. Kami juga memberikan apresiasi bagi semua pihak yang telah mendukung,” Imbuh Rasyid. Menurutnya, acara ini merupakan kali pertama yang dilakukan di Indonesia. Untuk itulah pihaknya akan mengajukan acara ini agar dapat meraih rekor MURI. (rip/ce1)

Sumatera Ekspres, Senin, 6 Januari 2014

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: