Sales Gadungan Buat Surat Palsu


Tawarkan Alat Pengaman dan Penghemat Gas Elpiji

Sales Gadungan Buat Surat Palsu
Penipu: Nasruudin (tengah) yang diamankan warga, kemarin. Di belakangannya tampak salah satu korbannya, Manuel Galego (bertopi hitam)

BANYUASIN — Sales gadungan yang berkeliling menawarkan alat pengaman dan penghemat gas elpiji untuk tabung ukuran 12 kg dan 3 kg, Nasrudin (44), diamankan saat melancarkan aksinya di Kompleks Poligon, Jl Pangeran Ayin, Kelurahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Kamis (2/1), sekitar pukul 09.00 WIB. Dia juga membuat surat tugas palsu, mengatasnamakan dari PT Pertamina.

Padahal, sekitar dua tahun lalu, dia sempat beraksi di kompleks yang sama. Sedikitnya sudah 26 orang dari dua rukun tetangga (RT) yang menjadi korbannya. Kemarin, Nasrudin mendatangi rumah Padil, salah satu ketua RT di Kompleks Poligon. Nasrudin menaarkan alat pengaman dan penghemat gas elpiji, untuk tabung 12 kg dan 3 kg. Teringat dengan kasus serupa yang pernah terjadi dua tahun lalu, Padil lalu menelepon Manuel Galego (62), ketua RT 11 di Kompleks Poligon.

Untuk memastikannya, Manuel yang pernah menjadi korban, lalu mendatangi rumah Padil. “Pas aku cek wongnyo iyo nian. Modusnyo dulu samo bae, cak inilah jugo. Total kerugian aku dulu Rp850 ribu, 10 wong (termasuk warga di RT-Nya, red),” jeas Manuel. Setelah dicari tahu siapa saja yang pernah menjadi korbannya, terungkap korban barunya adalah Imran Zamzani (54), dengan modus yang sama, pada 7 Desember 2013.

Imran adalah ketua RT 12 di Kompleks Afila Permai, yang berseberangan dengan Kompleks Poligon. Akhirnya, warga menggiring Nasrudin ke rumah Imran. “Pertamo itu dio (Nasrudin, red) datang ngaku dari Pertamina, dio nawari alat penghemat dan pengaman tabung gas elpiji. Mintak duet dulu sikok wong Rp85 ribu lengkap dengan selang gas. Duet dari warga yang pengen beli, aku kasihke galo. Dio janji besoknyo (8/12/2013, red) barang itu dikirim ke aku, tapi sampe sekarang dak katek. Nomor telponnyo dak aktif lagi,” cetusnya.

Nasrudin beralamat di Lr Muawanah Dalam, RT 15/05, Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju, mengaku surat tugas dari Pertamina atas nama Firmansyah, dengan NIP: 522 PLG itu adalah palsu, yang dibuatnya sendiri. “Barang itu (alat pengaman dan penghemat elpiji, red idak katek sebenernyo aku buat dewek. Aku memang nak nipu nian, surat tugas itu jugo aku buat dewek,” akunya. (cj1/air/ce4)

Sumatera Ekspres, Jumat, 3 Januari 2014

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: