Wacana Tunnel Batal


Konsultan Jepang Beri 4 Alternatif Lokasi Musi VIII

Wacana Tunnel BatalPALEMBANG — Wacana pembangunan terowongan bawah tanah (tunnel) sebagai alternatif pengganti Jembatan Musi III tampaknya tak akan terwujud. Berdasarkan kajian konsultan dari Jepang, pembangunan Musi III tidak bisa dilakukan dengan membangun terowongan.

Hasil kajian itu diungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Bina Marga (PU BM) Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl MT. Katanya, terowongan dalam air masih belum cocok dibangun sebagai pengganti jembatan tersebut.

”Kemungkinan pembangunan masih tetap di atas, seperti jembatan biasa. Berdasarkan penelitian itu, pembangunan tunnel mungkin dilakukan,” katanya. Dan untuk trase jembatan yang akan dibangun belum dipastikan. “Ada beberapa alternatif yang ditawarkan,” ungkap Rizal.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kota Metropolitan Palembang BBPJN Wilayah III, Ahmad Taruna Jaya, mengatakan, tim ahli dari dari Jepang yang datang ke Palembang adalah konsultan Mitsui. “Dari kajian mereka ada empat alternatif yang diberikan, termasuk pembangunan jambatan baru. Rencananya, tahun depan mereka akan kembali datang ke Palembang,” cetusnya.

Alternatif pertama, ucap Taruna, pembangunan Jembatan di Pulau Kemaro dibuat miring dari alur sungai. Alternatif kedua dan ketiga, pembangunan jembatan dilakukan di sekitar pagoda di Pulau Kemaro. “Wacana terbaru atau alternatif keempat, pembangunan jembatan di sebuah pulau antara Sungai Lais dengan Sungai Gerong,” bebernya.

Dalam peta, pulau itu disebut Pulau Banjar atau Pulau Salah Nama. Berdasarkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang telah disusun, jembatan itu adalah Musi VIII. Sayangnya, butuh waktu panjang untuk mewujudkan itu. Ada beberapa kajian lagi yang harus dilakukan. Karena itu, pihaknya mencoba membidik pembangunan Musi IV yang dipastikan mulai dibangun tahun depan (2014, red). “Jembatan ini lebih mendekati Ampera, diharapkan bisa menjadi solusi mengurai kemacetan,” pungkas Taruna. (rip/ce1)

Sumatera Ekspres, Jumat, 27 Desember 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: