Mesin Mati, Mobil Disambar KA


Penumpang Lebih Dulu Keluar dari Mobil

Mesin Mati, Mobil Disambar KA

MUARA ENIM — Perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu, masih menjadi momok bagi pengendara bermotor. Terjadi kecelakaan berulang kali antara KA dengan mobil. Sebut saja seperti di Desa Manggul, Kabupaten Lahat, Selasa (26/11) antara mobil Daihatsu Terios BG 1937 E dengan KA bernomor lokomotif KA CC 2041108. Kemudian Rabu (27/11) antara mobil Suzuki Carry Pick Up B 9060 T dengan KA Babaranjang di Desa Kota Baru Induk, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur (OKUT).

Yang terbaru, kejadian serupa terjadi Minggu (15/12), sekitar pukul 07.33 WIB, di daerah Pelawaran, Kelurahan Pasar I Pelitasari, Kecamatan Kota Muara Enim, Kabupaten Muara Enim. Mobil Daihatsu Terios BG 1703 VI yang dikemudikan Syehabudin (48) tertabrak dan terseret KA Babaranjang bernomor lokomotif 2041117 dengan dimasinis M Farda dan asisten masinis Hamid Santoso.

Bagaimana kejadiannya? Informasi yang dihimpun, mobil Terios yang disopiri Syehabudin, PNS Pemkab Muara Enim, bersama istrinya. Mereka hendak pulang ke rumahnya di kawasan Rumah Tumbuh, Kelurahan Muara Enim, usai berolahraga sepeda santai di GOR Pancasila Muara Enim. Begitu melintasi perlintasan rel KA tanpa palang pintu di daerah Pelawaran, tiba-tiba mesin mobilnya mati.

Sementara pada saat bersamaan, datang KA Babaranjang tanpa muatan dari arah Kertapati Palembang menuju Tanjung Enim. Tak bisa lagi menstarter mobilnya, Hamid dan istrnya bergegas keluar dari mobil lantaran jarak KA sekitar tinggal 40 meter lagi. Brak! dalam hitungan detik KA Babaranjang menghantam bagian tengah kiri mobil Terios tersebut hingga sempat terserat keluar rel.

Mobil Teros warna hitam itu ringsek berat, kendati demikian kedua penumpangnya selamat dari maut karena sudah lebih dulu keluar dari mobil. “Saat dia (KA Babaranjang, red) mengklakson, posisi mobil sudah berada di tengah rel dan mesinnya mendadak mati,” aku Syehabudin kepada warga yang membantunya meminggirkan mobil dari rel KA.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Muara Enim, Drs H Fathurahman MH, ketika dikonfirmasi mengatakan masalah pemasangan palang pintu diperlintasan kereta api, itu sepenuhnya menjadi kewenangan PT KAI. “Kami sudah berupaya membantu pihak PT KAI dengan membuat beberapa pos di pintu perlintasan kereta api tanpa palang. Tetapi sayangnya sampai sekarang pihak PT KAI tidak juga memberikan bantuan tenaga petugas yang akan melakukan penjagaan di pos pintu perlintasan yang kami siapkan tersebut,” cetus Fathur.

Dikonfirmasi terpisah, Manager Humasda PT KAI (persero) Divre III, Bambang S Prayitno, mengatakan, seringnya kecelakaan yang terjadi di pintu perlintasan sebidang atau yang berpotongan langsung antara jalan raya dan rel kereta api, kerugian tidak hanya dialami oleh korban (pengendara mobil atau motor), tapi juga PT KAI, terutama terhambatnya perjalanan kereta.

Menurutnya, untuk idealnya dari pintu perlintasan sebidang, tdak seperti yang ada saat ini tidak dibuat sebidang. Namun dibuat sistem fly over atau underpass. Dan berdasarkan UU No 23/2007 tentang perkeretaapian, pasal 91 ayat 1 pembangunan pintu perlintasan sebidang harus mendapat izin dari pemilik prasarana dalam hal ini pemerintah setempat. Dan yang tidak berizin harus ditutup.

“Jadi sangat keliru bila perlintasan sebidang kereta api (KA) tanggung jawabnya di PT KAI semata. Dan tugas PT KAI memastikan keselamatan perjalanan kereta api. Karena jika sampai terjadi sesuatu di perlintasan, akan berdampak pada korban yang sangat banyak. Jadi sudah jelas, UU memberikan prioritas lebih perjalanan kereta untuk dudahulukan,” tegasnya. (bis/afi/ce1)

Sumatera Ekspres, Senin, 16 Desember 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: