Banyak Syair Bersejarah Peninggalan Cina


Rumah Panggung di Jl Fakih Usman

Banyak Syair Bersejarah Peninggalan Cina
Peninggalan Cina: Rumah panggung peninggalan Ong Tjhin Tjong, generasi pertama yang lahir di Palembang dan generasi kedua dari Tiongkok yang masih terawat dan meninggalkan banyak sejarah

PALEMBANG — Sumatera tak luput dari jejak persinggahan Cina. Salah satunya di Palembang, ada sisa peradaban Tionghoa yang masih bisa dilihat, yakni rumah panggung peninggalan Ong Tjhin Tjong, generasi pertama yang lahir di Palembang dan generasi kedua dari Tiongkok yang masih terawat dan meninggalkan banyak sejarah.

”Rumah panggung ini terletak di Jl Fakih Usman, Lr Saudagar Yucing, di Kelurahan 3/4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I,” ungkap juru bicara keluarga keturunan, Candra Pasadena, atau biasa disapa Ko Aseng, mengajak para wartawan berkunjung ke rumah bercat hijau menghadap ke Sungai Musi ini yang banyak meninggalkan sejarah. Khususnya tulisan syair yang berada di sebelah kanan dan kiri pintu masuk utama saat memasuki rumah.

”Tulisan Cina di atas sebelah kanan dan kiri pintu masuk ini karena tuan rumah ini mempunyai anak bernama Ong Eng Tuan. Dan memiliki keturunan bernama Eng Seng yang artinya rumah ini supaya berjaya sampai pada anak cucu,” bebernya.

Kemudian, ada lagi tulisan Yi Ye Wan Pang Ruo Shi Hu Wu Ci Ye yang artinya, kebenaran itu bergema kemana saja. Rumah ini meninggalkan arsitektur merupakan rumah yang lebih tua daripada rumah di Kapitan. “Pada kitab Garuda Srioidjaja pada 20-22 Desember mendatang, di rumah ini akan digelar ritual doa dari Vihara Vajra Griya Bagus,” tukasnya. (uni/via/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 16 Desember 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: