Patin Sumsel Sumbang 65 Produksi Nasional


Patin Sumsel Sumbang 65 Produksi Nasional
Menjala: Sungai Musi terkenal dengan potensi perikanannya. Tampak seorang nelayan sedang menebar jala ikan di Sungai Musi

PALEMBANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel optimis produksi ikan akhir 2013 ini melampaui target 500-600 ribu ton. Pasalnya, hingga semester pertama lalu, total produksi perikanan Sumsel sudah mencapai 340.936.931 ton.

Kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Dra Hj Sri Dewi Titi Sari, pada akhir Oktober lalu, produksi ikan sudah menyentuh 85 persen. “Mudah-mudahan target bisa tercapai bahkan melebihi di akhir Desember nanti,” katanya.

Tingginya angka produksi ini lantaran kelompok pembudidayaan ikan di Sumsel sudah tergolong mandiri. Bahkan, mereka sudah punya pangsa pasar sendiri. Sekitar 65 persen produksi ikan Sumsel berasal dari budidaya.

Sedangkan sisanya, 35 persen adalah ikan hasil tangkapan para nelayan. “Hasil tangkapan itu terbagi lagi, sepertiga dari laut dan dua pertiganya dari perairan umum daratan,” beber Sri.

Ia mengungkapkan, luas perairan umum daratan di wilayah Sumsel sekitar 2 juta hektare. Sedangkan luas laut Sumsel hanya sekitar 800 hektare dengan panjang pantai 517 kilometer. “Jika dibandingkan dengan provinsi lain, luas perairan umum daratan Sumsel merupakan terluas kedua,” imbuhnya.

Dengan kondisi itu, wajar kalau pusat penelitian ikan air umum daratan dibangun di Sumsel. “Sumsel juga memiliki kelebihan dan keistimewaan karena punya 200 jenis ikan,” cetusnya.

Salah satu jenis ikan yang menjadi andalan Sumsel adalah patin. Bahkan, tahun lalu (2012, red), sebanyak 62 persen produksi patin nasional berasal dari Sumsel. “Berdasarkan data dari pusat, produksi patin Sumsel 2012 sekitar 225.000 ton. Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik lagi,” kata Sri.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, Sumsel memiliki 11 sungai seta 49 anak sungai dengan total panjang 920 kilometer. Beberapa sungai punya potensi perikanan yang sangat besar sehingga dapat dijadikan untuk lokasi pengembangan ikan air tawar. “Ini juga merupakan salah satu potensi yang bisa memancing investor untuk menanamkan modalnya di Sumsel,” pungkasnya. (rip/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 25 November 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: