Penjualan BlackBerry Anjlok


Penjualan BlackBerry Anjlok
BBM Android: Kini pengguna gadget bisa mengakses platform BBM tak hanya di BlackBerry, tapi juga bisa di smartphone Android

PALEMBANG — Masuknya aplikasi BBM ke Android berimbas pada anjloknya penjualan BlackBerry. Bahkan, sales BB turun hingga 70 persen dari biasanya. Hal tersebut diungkap General Manager Sales and Operation Mitra Group, Anhar.

“Kalau biasanya 10 outlet kami menjual 2.500 unit per bulan. Tapi sejak aplikasi BBM masuk Android, kita hanya bisa menjual seribu unit BB. Itu pun susah,” ujarnya kemarin (19/11).

Menurutnya, penurunan sales ini disebabkan masyarakat memilih membeli Android daripada membeli BB. Sebab, harga smartphone Android lebih murah, dan pengguna pun sudah bisa ber-BBM-an layaknya menggunakan BB.

Namun, pihaknya meyakini itu hanya spekulasi masyarakat berdasarkan tren. “Kami yakin ke depan permintaan BB akan kembali stabil. Sebab, BB memang spesialis BBM-an,” kata dia.

Memang, lanjutnya, Android sudah bisa BBM-an. Tapi kan belum ada provider yang menawarkan paket khusus BBM dari Android. “Jadi bagi konsumen yang biasa menggunakan BB pasti akan lebih nyaman menggunakan BB,” tukasnya.

Senada diungkap Arjuna Saputra, Supervisor PT Global Teleshop Superstore, distributor berbagai merek smartphone, mengaku, penjualan BB di outlet-nya juga drop hingga 70 persen. “Dulu BB berkontribusi paling besar mencapai 70 persen dari 35 unit total sales per hari,” ujarnya.

Tetapi sebaliknya, penjualan smartphone Android meningkat 50 persen. “Masyarakat cenderung beralih ke Android. Karena dengan harga Rp800 ribu konsumen sudah bisa BBM-an,” ungkapnya.

Menurutnya, pihak BB salah besar telah menjual aplikasi BBM ke Android. “Rendahnya sales BB kini membuat harga BB pun ikut jeblok. Seperti Z10 dari Rp6 juta menjadi Rp4 juta,” tuturnya.

Supervisor PT Indonesia Oppo Electronic, distributor resmi Oppo Palembang, Wanda Anas Bara, mengaku, pihaknya justru merasa diuntungkan. Pasalnya, kalau sebelumnya pihaknya menjual 30 unit smartphone per hari saat ini penjualannya meningkat signifikan mencapai 70 unit per hari. “Sales kami bertumbuh sejak BBM bisa di Android,” ujarnya. (cj9/fad/ce6)

Sumatera Ekspres, Kamis, 21 November 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: