Terbit SE Larangan Berkendaraan Bagi Pelajar SMP


Terbit SE Larangan Berkendaraan Bagi Pelajar SMP PALEMBANG — Kasus kecelakaan yang didominasi kalangan pelajar mendapat perhatian serius jajaran Dinzas Pendidikan dan aparat kepolisian. Apalagi, kebanyakan dari pelajar itu tidak mengantongi surat izin mengemudi (SIM). Karenanya, keluar surat edaran (Se) tentang larangan bagi pelajar SMP membawa kendaraan di jalan maupun sekolah.

“Pelajar SMP tidak diperbolehkan membawa kendaraan motor dan mobil, baik itu di jalan maupun sekolah. Apabila pihak sekolah masih membairkan siswa membawa kendaraan, sekolah bersangkutan akan dikenakan sanksi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Ahmad Zulianto kepada koran ini, kemarin (17/11).

Menurut Zulianto, surat edaran tersebut sudah keluar awal November. Ada MoU/Memorandum of Understanding antara pihak Disdikpora dan pihak Polresta. Tujuannya, menekan angka kecelakaan di kalangan pelajar dan mencegah ugal-ugalan di jalan raya yang biasanya dilakukan oleh siswa SMP yang belum memiliki SIM. “Mengapa kami larang? Soalnya, pola pikir anak seusia SMP belum labil dan belum bisa mengontrol emosi, sehingga yang dikhawatirkan saat mengendarai sepeda motor akan membahayakan pengguna kendaraan lain,” jelas Zulianto lagi.

Zulianto mengakui, kebijakan tersebut tak semua disambut baik oleh para pelajar. Hanya, SE harus tetap dijalankan. “Kami akan terus sosialisasikan sebagai tindak lanjut dari penerapan Undang-Undang tentang lalu lintas. Mulai awal November kemarin, kami akan menindak tegas. Jika masih ada siswa SMP yang menggunakan kendaraan, kami akan tilang sesaui dengan peraturan yang ada,” tandasnya.

Kepala SMPN 12 Palembang, Mgs A Fauzan SPd MM, menyambut baik kebijakan dari Disdikpora dan kepolisian. “Kalau di SMPN 12, kita memang tidak memperbolehkan siswa membawa kendaraan.”

Kasatlantas Polresta Palemban, Kompol Arief Fitrianto SH SIk menyatakan, pihaknya akan menindak tegas apabila masih terlihat siswa SMP membawa kendaraan di jalan raya. Terutama yang masih mengenakan seragam sekolah. (cj4/nur/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 18 November 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: