Palembang Sering Overload


PALI-Muratara Segera Dibantu Free Wifi

Palembang Sering Overload PALEMBANG — Hampir semua daerah di Sumsel kini sudah tersentuh prgram free wifi yang dilaksanakan Pemprov Sumsel. Bahkan, dua daerah otonom baru (DOB), Kabupaten PALI dan Muratara akan segera dipasangi wifi. Kepala Bidang (Kabid) Aptel, Drs John Kenedy MSi menjelaskan, masyarakat Sumsel harus memanfaatkan wifi yagn telah terpasang di masing-masing daerah dengan seoptimal mungkin.

“tiap daerah telah kami pasangan tiga wifi. Dua di tempat umum dan satu di kawasan pondo pesantren (ponpes),” ungkapnya, kemarin. Khusus untuk Kota Palembang, dipasangi 15 wifi yang tersebar di beberapa titik.

Namun, ada beberapa titik free wifi di wilayah ibu kota Porvinsi Sumsel yang sering overload. Di antaranya di Universitas Bina Darma, Universitas PGRI. Universitas Muhammadiyah Palembang, dan di sekitar Unsri. “Biasanya ada beberapa orang yang kerap streaming di sana sehingga overload,” kata John.

Diakunya, jumlah wifi yang dipasang di wilayah Palembang memang lebih banyak dibanding kabupaten/kota lain. “Memang awalnya kami mulai dari Palembang dahulu, makanya lebih banyak,” cetusnya.

Ponpes dipasangi wifi agar para santri yang lebih banyak memperdalam ilmu agama juga melek teknologi. Untuk itu perlu fasilitas internet. Nah, pemasangan wifi di sana adalah sarana pendukungnya. “Mudah-mudahan tidak disalahgunakan sehingga mereka lupa akan kewajibannya,” kata John.

Pada masing-masing titik, wifi yang dipasang kapasitas sebesar 2 Mbps. Masyarakat Sumsel dapat menggunakan program ini dengan gratis. Bahkan untuk memanfaatkan wifi tersebut, tak mengharuskan pengguna memakai password. “Jadi, benar-benar bebas sehingga sering overload,” bebernya.

Untuk PALI dan Muratara, Desember ini akan dilakukan tender pemasangan wifi di kedua DOB itu. “Kami harapkan tahun depan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di dua kabupaten itu,” imbuhnya.

Disinggung mengenai anggaran yang disiapkan, John mengatakan, budget tergantung banyaknya pengguna yang memanfaatkan program itu. “Angkanya tak pasti, tergantung yang memakai,” tegasnya seraya mengatakan, dalam menggalakkan program itu, pihaknya melakukan kerja sama dengan PT Elnus.

Kepala Dishubkominfo Sumsel, Musni Wijaya menambahkan, PALI dan Muratara memang akan mendapatkan program free wifi dari Pemprov Sumsel. “Benar. Ada tiga titik wifi yang akan kami pasang untuk masing-masing daerah tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, program free wifi area ini di-launching Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada Juni 2012 lalu. Saat itu, peresmiannya bersama dengan lomba blogger tingkat SMA/SMK/MAN dan perguruan tinggi negeri dan swasta Kota Palembang di Griya Agung. (rip/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 4 November 2013

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: