Pesona Tepian Sungai Musi di Senja Hari


Pesona Tepian Sungai Musi di Senja Hari
Sumber Foto: janelarie17.wordpress.com

Sungai Musi dengan latar Jembatan Ampera yang gagah menjadi ikon utama keindahan wajah Kota Palembang. Sungai ini menjadi sentra urat nadi perekonomian masyarakat diperairan dan juga menyatukan antara Palembang Ulu dan Ilir.

Duduk bersantai menikmati pemandangan indah disenja hari sampai menjelang malam dari tepian sungai, akan memberikan kesan tersendiri, apalagi bagi wisatawan yang baru pertama berkunjung. Bagi pasangan muda-mudi yang sedang merajut cerita cintanya, tepian Sungai Musi seakan menjadi saksi bagi mereka yang dimabuk asmara.

Mulai dari pangkal Dermaga 16 Ilir, pelataran parkir Taman Nusa Indah sampai ke Benteng Kuto Besak (BKB Plaza) menjadi tempat yang begitu luas untuk siapa saja yang ingin menghabiskan waktu liburannya.

Pantaun Koran ini Minggu (25/8/2013) banyak warga duduk berjajar santai ditepian taman pinggiran menghadap ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera, apalagi pasar kuliner yang tersedia begitu variatif dari kelas pasar hingga kelas restoran terapung. Di pinggiran Sungai Musi juga dilengkapi beberapa toilet umum yang bersih dan terawat.

Banyak dari pengunjung tidak hanya bersantai tapi juga berfoto, berbincang-bincang dan juga berfoto bersama. Tampak beberapa sopir speedboat pariwisata menawarkan jasa perjalanan tour Sungai Musi hingga ke pulau cinta atau lebih dikenal dengan Pulau Kemaro, menambah lengkapnya kehidupan disungai musi.

Tarif yang ditawarkan berkisar 350 ribu untuk 15 orang hingga yang 1.2 juta untuk 50 orang pulang pergi ke Pulau Kemaro.

Satu komentar yang menggelitik wartawan Koran ini dari seorang pelancong lokal Zuraida (25) dari Bengkulu dia berkomentar coba saja kalau Sungai Musi ini jernih dan bersih, pastilah Palembang akan menjadi salah satu kota wisata sungai yang paling indah di dunia.

“Kalau lihat Sungai Musi yang aku nikmati pertama kali itu hembusan anginnya dan juga pemandangan lalang speedboat, kapal dan tongkang,” katanya.

Lain halnya dengan Supriadi (33) warga Makarti, Banyuasin yang datang berserta anak istrinya mengaku senang bersantai dipinggiran Sungai Musi karena suasananya sudah rapi, bersih, dan terjaga jauh lebih tertata dari tahun-tahun sebelumnya. “Iyo Palembang sudah bagus sekarang, sudah bersih dan rapi,” tambahnya.

Penulis: Mukmin Samudera
Editor: Yohanes Iswahyudi
Sumber: Tribun Sumsel

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: