Romi: Pedagang Harus Sejahtera


Janji Tidak Main Gusur

Romi: Pedagang Harus Sejahtera
Sidak: Wako Romi Herton mendapingi istri berbelanja di sela-sela sidak di Pasar Cinde, kemarin. Dalam sidak itu, Wako menegaskan tidak adanya penggusuran

PALEMBANG — “Tenang saja Pak, jangan mudah percaya dengan isu kalau pedagang di sini akan digusur.” Kalimat itu beberapa kali ditegaskan Wali Kota Palembang H Romi Herton SH, kepada para pedagang yang ditemuinya dalam inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Padang Selasa dan Pasar Cinde.

Penegasan Romi untuk menepis isu bahwa ia akan melakukan penggusuran pedagang melalui rencana revitalisasi pasar. “Jangan buat isu yang meresahkan masyarakat khususnya para pedagang di sini,” cetusnya. Romi memastikan pedagang merupakan bagian dari masyarakat yang harus mendapatkan kesejahteraan. Sebagai wali kota, dia memiliki kewajiban untuk melindungi para pedagang. “Kami ingin memastikan dimana pun pedagang akan selalu dlindungi oleh Pemkot Palembang. Pedagang harus sejahtera,” tuturnya.

Meski nantinya ada perbaikan pasar, tapi pedagang dijamin kembali lagi ke pasar itu untuk berjualan. Romi menjelaskan, perbaikan yang akan dilakukan berupa penambahan fasilitas. Contohnya perbaikan WC, tempat wudhu, dan semua sarana prasarana penunjang yang dibutuhkan.

“Saya cuma ingin pasar menjadi tempat yang baik dan bersih sehingga masyarakat yang berkunjung akan merasa nyaman,” imbuhnya. Ikut dalam sidak tersebut, istri tercintanya, Hj Masyitoh, Kepala PD Pasar Palembang Jaya, H Apriadi S Busri, dan jajaran, serta Ketua DPRD Palembang.

Di Pasar Cinde, satu per satu pedagang di sana disapa orang nomor satu di lingkup Pemkot Palembang itu. Romi berdialog, mendengarkan aspirasi dan mencari tahu keluhan pedagang dan pembeli di pasar tersebut.

Ia juga mengecek WC bagian dalam Pasar Cinde yang hampir elesai perbaikannya. Romi berharap WC itu dapat dipergunakan dan dijaga dengan baik oleh para pedagang dan pembeli di pasar tersebut.

Menemani sang istri, Romi juga sekaligus mengecek beberapa harga bahan pokok. Diantaranya ikan, daging, sayur-mayur, dan buah-buahan. “Jelang Idul Adha ini, harga barang masih relatif stabil. Kami akan turun setiap hari untuk memastikan harga tdak mengalami lonjakan yang tinggi,” ucapnya.

Sebagai kepala daerah, ia ingin masyarakat Palembang dapat membeli dengan harga murah, nanum pedagang juga harus tetap mendapat untung dari usahanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Desperindagkop) Palembang, Syahrul Hefni memastikan, stok sembako di pasaran mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kami selalu melakukan persiapan, berkoordinasi kepada para distributor sembako,” jelasnya.

Soal harga, diakuinya, tergantung mekanisme pasar. “Untuk sekarang, semuanya masih relatif stabil, tidak ada kenaikan yang tajam. Jika nanti ada salah satu komoditas yang melampaui batas, maka kami telah menyiapkan rencana operasi pasar,” pungkas Syahrul. (rip/ce4)

Apa Kata Mereka

Hartini, Penjual Makanan di Pasar Cinde
Terserah bagaimana bagusnya. Kalau memang ada rencana pemkot memperbaiki pasar ini, kami setuju saja. Tapi harapannya tetap bisa berjualan karena penghasilan kami hanya dari sini. Restrebusinya juga diharapkan tidak naik.

Ade, Penjual ayam potong di Pasar Cinde
Kami setuju kalau memang ada rencana perbaikan pasar. Kami setuju karena pasar akan lebih bagus. Tapi, kami minta jangan sampai ada penggusuran karena di sinilah tempat kami mencari makan.

Sumatera Ekspres, Senin, 7 Oktober 2013</p.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: