Kontruksi Musi 4 dan 6 Lebih Cepat


Kontruksi Musi 4 dan 6 Lebih Cepat PALEMBANG — Saat wacana terowongan bawah tanah (tunnel) menggantikan rencana Jembatan Musi 3, pembangunan Jembatan Musi 4 dan 6 malah diyakini bisa lebih cepat terwujud. Target awal rampung 2016 dipercepat menjadi 2015.

Rasa optimis itu karena proses penyelesaian berkas pendukung pembangunan kedua jembatan selesai dalam waktu lebih cepat dari perkiraan.

“Proses persiapan selesai lebih cepat dari perkiraan. Jadi mulai tahun depan akan langsung dibangun dengan target pengerjaan minimal 50 persen di akhir 2014,” kata Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel, Ir Rizal Abdullah Dipl MT.

Keyakinan ini didukung kebutuhan dana pembangunan yang tergolong tidak terlalu memberatkan. Menurut prediksi, dana yang diperlukan untuk pembangunan satu jembatan itu berkisar Rp 200 miliar.

Kata Rizal, untuk pembangunan Jembatan Musi 4, butuh waktu dua tahun anggaran. Dananya dari pemerintah pusat. “Jadi kami tinggal menjalankan saja. Sedangkan untuk Jembatan Musi 6, satu tahun anggaran penuh, jadi bisa cepat selesai,” bebernya.

Kedua jembatan ini tidak memakan waktu lama sepanjang tidak ada masalah yang ditemui dalam rentang waktu pembangunan. Sekretaris Dinas PU BM Sumsel, Basyaruddin Akhmad menambahkan, pembangunan Jembatan Musi 4 dan 6 penting dipercepat untuk memecah permasalahan kemacetan lalu lintas yang terjadi di Palembang.

“Harus cepat karena diprediksi tahun 2019 akan macet total,” cetusnya.

Jembatan Musi 4 rencannya akan dibangun pada kawasan 14 Ulu ke sekitaran Dinas Tata Kota di Jl Slamet Riyadi. Sedangkan Jembatan Musi 6, titik bangunnya di Jl SM Mansyur, 32 Ilir ke kawasan 3-4 Ulu, Kecamatan SU I. (rip/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 7 Oktober 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: