Tiga Bulan Tak Beres, Siap Mundur


Tiga Bulan Tak Beres, Siap Mundur
Diskusi: Anggota Badan Pengawas PD Pasar, Hermanto Wijaya (kedua dari kiri) brdiskusi dengan pimpinan Sumeks Grup dalam Kunjungan ke Graha Pena, kemarin.

PALEMBANG — Anggota Badan Pengawas Perusahaan Daerah PD Pasar Palembang Jaya, Hermanto Wijaya, berani pasang target kerja. Ia siap mundur jika dalam tiga bulan ke depan tidak mampu menyelesaikan perbaikan sarana dan prasarana 38 pasar tradisional di Metropolis.

“Ibaratnya “janda berias.” Saya akan mundur kalau tidak beres dalam tiga bulan,” tegasnya saat berkunjung ke Graha Pena, markas besar Sumatera Ekspres, kemarin (30/9). Untuk membenahi berbagai persoalan di pasar itu, ia mengharapakan dukungan dari semu pihak. Baik itu petugas, masyarakat dan juga insan pers.

Hermanto menilai, perbaiakan sarana dan prasarana seperti WC, drainase, mushala, air bersih hingga keamanan menjadi yang paling utama saat ini. Ia telah melakukan blusukan ke beberapa pasar tradisional. Diantaranya Pasar Cinde, Sekip, Kebun Semai dan Padang Selasa. Karena dari kalangan pengusaha, dia punya cara sendiri untuk mengajak semuanya berbenah. “Sekarang zaman reward, hadiah dan bonus. Siapa yang baik, tentu mendaptkan itu,” imbuhnya. Sebagai pengusaha, ia telah menyiapkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk menyuseskan perbaikan pasar tersebut. “Saya juga tidak ambil gaji dari jabatan ini. Saya terima jabatan ini karena ingin mengabdi,” ungkapnya.

Mengkaji potensi usaha kecil menengah (UKM), ia mengusulkan alokasi 2 persen dari lapak pasar modern untuk menampung para pedagang kecil, termasuk pedagang kaki lima (PKL) yang begitu banyak jumlahnya. “Itu harus. Sudah saya sarankan kepada Wali Kota. Untuk menerapkan itu butuh kebijakan politk kepada daerah,” imbuhnya.

Sewa lapak para pedagang kecil ini di pusat perbelanjaan modern akan mendapat subsidi dari pedagang besar. Cara ini untuk menghidupkan perekonomian Palembang. Untuk keamanan di pasar, Hermanto akan mendirikan Jaya Raya (JR) security. Untuk itu ia akan bekerja sama dengan koperasi CPM, Korem dan Kodim. JR security ini semacam pam swakarsa yang akan menjaga keamanan di 38 pasar se-Kota Palembang dan lokasi-lokasi pedagang. Untuk mem-backup pasukan kebersihan yang sudah ada, dia akan mengadakan dua mobil pick up dan dua unit motor.

“Akan dibentk tim 6, jadi tiap mobil tiga personel. Mereka akan keliling, monitor dan memberihkan sisa sampah yang ada d pasar,” cetusnya. Menambah PAD, dibidik pula pasar-pasar “tumpah” yang eksis dengan kegiatan jual beli. Pasar jenis ini akan dikelola agar mampu memberikan tambahan pemasukan daerah. (tha/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 1 Oktober 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: