Mengabdi Untuk Masyarakat


Mengabdi Untuk MasyarakatSuatu kebanggaan bagi Hermanto Wijaya, pria yang dikenal sebagai pengusaha ini diangkat menjadi anggota Badan Pengawas PD Pasar Palembang Jaya. Banyak yang akan dilakukan Hermanto Wijaya untuk memperbaiki fasilitas pasar tradisional menjadi pasar tradisional modern sehingga optimis dapat meraih piala Adipura Kencana. Bahkan, 80 persen hidupnya akan diberikan untuk membantu masyarakat. Inilah hasil wawancara wartawan koran ini:

Apa kabar, Pak? Sibuk apa sekarang?
Baik. Sesuai dengan amanah menjadi anggota Badan Pengawas PD Pasar Palembang Jaya, saya ditugasi untuk mengawasi PD Pasar Palembang Jaya yang mengelola 38 pasar tradisional di Palembang. Ada banyak hal yang diawasi, salah satunya fasilitas.

Apa saja yang akan dilakukan?
Bersama ketua dan anggota Badan Pengawas lain, kami dan pimpinan PD Pasar Palembang Jaya akan terus memperbaiki semua fasilitas yang dibutuhkan di seluruh pasar tradisional. Mulai dari memperbaiki WC umum, air bersih, dan drainase.

Lalu menyelesaikan persoalan sampah sisa barang dagangan pedagang hingga melakukan penghijauan. Semua upaya ini dilakukan karena pasar menjadi salah satu titik penilaian adipura.

Selama ini, penilaian terhadap pasar selalu mendapat rapor merah. Dengan ditata dan dibenahi kembali seluruh fasilitas tersebut, mudah-mudahan keinginan dan harapan semua warga Palembang meraih piala Adipura Kencana dapat tercapai.

Untuk itu, setiap hari kami blusukan langsung ke pasar dan berdialog dengan pedagang. Kami menyerap keluhan dan saran apa saja yang dibutuhkan. Dari hasil dialog, dan pengecekan langsung itu, kekurangan yang ada akan dibenahi.

Berapa lama perbaikan itu dapat diwujudkan?
Sesuai dengan tugas, kami punya kewajiban melaksanakan amanah ini. Saya menargetkan dalam sebulan hingga dua bulan ke depan, semua fasilitas dapat selesai diperbaiki dan bisa digunakan oleh pedagang dan masyarakat yang ada di pasar. Saya ingin masyarakat ada rasa memiliki terhadap pasar sehingga muncul kesadaran untuk sama-sama menjaga semua fasilitas di tiap pasar yang ada.

Dengan memberikan contoh semacam ini, saya ingin memberikan dorongan timbul rasa memiliki. Pasar merupakan tempat strategis untuk memajukan perekonomian masyarakat

Sebagai pengusaha dan pemilik Jayaraya Property, Anda menggelontorkan corporate social responsibility (CSR) untuk membantu para penjaga dan petugas kebersihan di pasar. Apa tujuannya?
Petgas jaga dan kebersihan merupakan orang yang bertanggung jawab menjaga kondisi dan fasilitas yang ada di pasar. Penyaluran CSR ini apresiasi dan perwujudan semangat kami untuk memberi reward secara langsung, contohnya berupa 10 televisi berwarna untuk petugas di pasar Km 5.

Bagaimana dukungan dari keluarga terhadap amanah yang Anda emban saat ini?
Keluarga sangat mendukung, meskipun putri saya sempat komplain dengan apa yang saya lakukan. Tapi tidak menyurutkan niat saya untuk terus menjalankan tugas yang telah dipercayakan oleh Wali Kota Palembang. Bahkan, 80 persen hidup saya untuk masyarakat Palembang.

Apa harapan Anda ke depan?
Semoga nanti dengan diperbaikinya semua fasilitas di pasar, masyarakat dapat ikut menjaganya agar selalu baik. Para pedagang juga tertata rapi sehingga semua pasar jadi pasar tradisional tapi modern. Yang pastinya, mudah-mudahan Palembang dapat meraih Piala Adipura Kencana. (uni/ce6)

* * * * * * * * * * * * * * *

PROFIL

NAMA:
Hermanto Wijaya (Kwee Kian Hoa)
TEMPAT TANGGAL LAHIR:
Palembang, 7 Februari 1958
PROFESI:
Anggota Badan Pengawas PD Pasar
Palembang Jaya Wiraswasta

* * * * * * * * * * * * * * *

Sumatera Ekspres, Minggu, 29 September 2013

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

One Response to Mengabdi Untuk Masyarakat

  1. John says:

    Makasih atas infonya , Aerith

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: