Menit Awal Jadi Kunci


Rotasi Penuh, Tak Masalah tanpa Diego

Menit Awal Jadi Kunci
ABSEN: Wingback Timnas Indonesia Diego Michiels harus absen lawan Palestina akibat kartu merah saat hadapi Arab Saudi di laga perdana

PALEMBANG — Peluang Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 lolos grup B Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 terbuka lbar. Setelah menang 1-0 menghadapi Maroko, Selasa (19/9) kemarin, Merah Putih (sebutan Timnas indonesia) minimal butuhsatu angka untuk memastikan lolos ke babak semifinal. Target tersebut tidak terlalu sulit mengingat lawan yang dihadapi nanti adalah Palestina.

Namun pelatih Indonesia Rahmad Darmawan tidak cukup puas dengan hasil yang diraih Kurnia Meiga Cs. Garuda Muda — julukan Indonesia U-23 — diminta untuk lebih lebih ofensif dan meningkatkan serangan saat melawan Palestina di laga lanjutan, Selasa (24/9) nanti. Menit-menit awal akan menjadi kunci Indonesia melaju mulus dengan meraih poin penuh di laga terakhir tersebut.

Jam terbang yang kurang serta minim pengalaman bertanding secara internasional membuat beberapa pemain canggung. Hal itu terlihat jelas di awal laga perdana kemarin, meski akhirnya Kurnia Meiga cs mampu memenangkan pertandingan.

“Beberapa pemain baru berkumpul setelah mengikuti pertandingan di level klub. Sebagian besar mereka dari mereka juga memiliki pengalaman lebih sedikit dibandingkan dengan yang lainnya. Sehingga, dalam perpaduan ini kami berharap pemain disiplin untuk menguasai menit per menit dari pertandingan,” ungkapnya.

Itu sebabnya RD — sapaan akrabnya — meminta anak asuhnya untuk tetap menjaga disiplin dan bermain lebih lepas mengingat Indonesia kini telah berada di posisi puncak klasmen grup B.,br />
“Kami tentu harapkan pemain lebih lepas di pertandingan berikutya. Karena dengan menguasai mental dalam pertandingan, strategi dapat dijalankan dengan baik di lapangan. Kami menilai anak-anak akan siap untuk itu,” tukasnya.

Sementara itu kartu merah yang diterima oleh pemain naturalisasi, Diego Michiels dalam laga penyisihan Grup B Islamic Solidarity Games (ISG) 2103, melawan Maroko, Kamis (19/9) malam kemarin tak dipusingkan mantan pelatih Sriwijaya FC ini.

Sebab, RD akan merotasi sebagian besar pemainnya di laga lanjutan menghadapi Palestina, Selasa (24/9) mendatang. selain menjaga fisik pemain, hal ini dlakukan untuk memberi pengalaman bertanding bagi seluruh anggota tim, sebelum turun di SEA Games XXVII Myanmar, Desember mendatang.

“Kartu merah yang diterima Diego bukan masalah yang serius. Karena jika melihat di pertandingan, wasit telah melakukan hal yang tepat. Lepas dari itu, saya ingin semua (pemain) mencicipi turun di ISG ini. Menambah pengalaman mereka, juga kesempatan untuk unjuk gigi sebagai proses seleksi SEA Games nanti,” ungkap mantan arsitek Persipura Jayapura itu.

Diaui RD, rotasi yang dlakukan untuk memberi kesempatan bagi pemain menjaga fisiknya. Sehingga jeda empat hari ini akan dimaksimalkan teknik dan strategi baik dalam menyerang maupun bertahan.

Diego sendiri sebenarnya memiliki peran penting saat Indonesi menang di laga pertama. Umpan tarik setelah melakukan overlapping disambut Fandi Eko dengan diving header mengantar Garuda Muda meraih poin penuh. “Memang terkadang improvisasi yang dilakukan pemain itu diperlukan dalam sebuah pertandingan. Anak-anak juga telah menunjukkan apa yang dimaksud dengan disiplin dalam menerapkan strategi yang telah kami instruksikan,” ujarnya.

Bisa jadi Diego akan digantikan mantan pemain Sriwjaya FC, Seftia Hadi. “Siapa pun pemainnya yang penting mampu maksimal dalam menerapkan instruksi pelatih,” pungkasnya. (aja/nan/ce2)

Sumatera Ekspres, Sabtu, 21 September 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: