Mobil Kepresidenan Tiba


Putri Sultan Brunei Hadir 21 September

PALEMBANG — Hari H opening ceremony Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013 di Palembang tinggal dua hari lagi. PT Angkasa Pura II (Persero) belum menerima informasi mengenai jadwal ketibaan para tamu VIP, termasuk Raja Arab, Abdullah bin Abdul Aziz yang dikabarkan bakal datang.

“Menurut kabar, Raja Arab memang akan datang pada saat pembukaan ISG. Tapi kami belum menerima kepastian kapan. Meski begitu, kapan pun mereka tiba, kami siap,” ujar general menager (GM) PT AP II (Peresero), Eko Diantoro, kemarin (19/9). Menurutnya, akan disiapkan ruang VIP untuk penyambutan, termasuk landasan parkir bagi pesawat yang menginap. “Jika memang pesawat Raja Arab dan pimpinan negara lain akan parkir, kami siapkan tempatnya,” cetusnya.

PT AP II akan menutup sementara ketadangan penerbangan reguler selama kurang lebih satu jam. “Sama seperti kalau Presiden tiba di landasan. Kira-kira satu jam sebelumnya penerbangan reguler kita closing,” beber Eko. Sementara itu, pesawat Hercules yang membawa dua buah mobil mewah Mercedes Benz dan Land Cruiser (LC), salah satunya untuk kendaraan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berikut dua sepeda motor telah tiba di Palembang. Pesawat itu tiba di landasan TNI AU.

“Untuk kedua mobil dan motor sudah diturunkan dan diinapkan di Detasemen Polisi Militer (Den POM) II/Sriwijaya,” ujar Komandan Lanud Palembang, Letkol Pnb Ramot Sinaga.

Kemarin, digelar rapat koordinasi lengkap bersama protokol RI-1, panitia pusat dan panitia daerah dalam rangka pelaksanaan ISG di Griya Agung. Rapat berlangsung tertutup dari awak media. Ketua Panitia Daerah ISG III, Muddai Madang, mengatakan, wacana dead lock hari ini jika tidak ada payung hukum pelaksanaan ISG batal. “Kami tetap menunggu peraturan presiden (perpres). Namun katanya cukup dengan tim asistensi,” jelasnya usai rapat.

Padahal, tanpa perpres tersebut, paitia pusat dan daerah yang melaksanakan event ISG III ini tidak bisa berbuat banyak. Khususnya terkait penunjukkan langsung untuk pengadaan barang dan jasa yang diperlukan dalam event ini.

Di sisi lain, pemerintah pusat secara tertulis berjanji dengan pihak Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) bahwa opening ceremony ISG akan terselenggara pada 22 September.

“Penunjukkan langsung bisa melanggar prosedur. Karena itu dbutuhkan payung hukum dari Presiden. Kami ingin melakukan ini dengan sah, tanpa ada mark up dan hal-hal yang berbau fiktif,” tegas Muddai.

Sementara, panitia daerah berpatokan pada pernyataan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Sesmenpora, dan Menteri Koodinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) bahwa tanpa perpres bisa melakukan penunjukan langsung. Disamping itu, ada pendamping tim asistensi dari Kejaksaan, BPK, BPKP, kepolisian dan penegak hukum lainnya.

Dengan dasar itu, panitia pusat dan daerah sudah melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Salah satunya agar para atlet dan official negara-negara peserta yang sudah berdatangan tidak terlantar. “Meskipun belum mengakomodasi kebutuhan mereka, setidaknya mereka telah kita jamu dengan baik,” tutur Muddai.

Informasi yang berhasil dihimpun koran ini dari beberapa panitia daerah, sejumlah tamu VIP telah memastkan hadir pada opening ceremony ISG ini. Salah satunya, Putri Sultan Brunei Darussalam, Hafizah Sururul Bolkiah. Tamu VIP lainnya dari Dubai dan Qatar.

Nah, Putri Sultan Brunei ini akan datang pada 21 September (H-1). Kedatangannya ke JSC akan disambut rising star ceremony. Ini penyambutan yang menjadi keharusan terhadap setiap kontingen atlet dan official negara peserta event ISG III.

“Ada kontingen negara Arab yang pertama kali datang, selanjutnya Kuwait dan Iran. Paling banyak kontingen negara-negara peserta yang akan tiba di Wisma Atlet pada 21 September. Mulai dari Mesir, Maroko, Turki, dan Brunei Darussalam,” beber staf kepanitiaan ISG tersebut.

Untuk acara rising star ceremony Putri Sultan Brunei Darussalam tersebut rencananya akan dihadiri langsung Wali Kota Palembang H Romi Herton sebagi penyambut. (cj7/cj5/ce1)

Sumatera Ekspres, Jumat, 20 September 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: