Uji Coba Jalur Alternatif


Di Simpang Jakabaring, Terkait Proyek Flyover

Uji Coba Jalur Alternatif
Cegah Kemacetan: Petugas Dishub dan Satlantas Polresta Palembang melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di simpang Jakabaring, kemarin. Rekayasa ini untuk mencegah kemacetan karena proyek flyover. (Inzet) Plang pemberitahuan proyek underpass di simpang Patal

PALEMBANG Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang bersama jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Palembang menguji coba rekayasa lalu lintas di simpang Jakabaring, kemarin sore (17/9). Uji coba ini untuk memastikan rekayasa lalu lintas mana yang tepat untuk diterapkan saat kemacetan akibat pembangunan flayover Jakabaring mekin menjadi. Ada dua alternatif yang akan diterapkan.

Dijelaskan Kasatlantas Polresta Palembang Kompol Arief Fitrianto SH SIk, didampingi Kabid Transportasi Jalan dan Rel Dishub Kota Palembang, Agus Suprayitno, alternatif pertama mengalihkan kendaraan dari arah Plaju.

“Kendaraan dari Plaju ke Ampera dan Kertapati di arahkan memutar ke Jalan GHA Bastari dan berputar di simpang Pasar Jakabaring,” ujarnya. Sedangkan kendaraan dari Ampera ke Plaju, Jakabaring, dan Kertapati tetap pada jalur sekarang. Pun begitu untuk kendaraan dari Kertapati ke Ampera, Plaju, dan Jakabaring.

Pengguna jalan dari Jakabaring ke Kertapati, Ampera, dan juga Plaju langsung saja seperti rute sekarangg. “Jika berhasil, skenario ini rencananya akan dipermanenkan hingga selesainya proyek pembangunan flayover,” beber Arief. Namun jika hasil evaluasi menunjukkan alternatif ini tidak berjalan baik, telah disiapkan alternatf rekayasaa kedua.

Untuk alternatif kedua, kendaraan dari Plaju ke Ampera dan Kertapati diarahkan memutar ke Jalan GHA Bastari dan berputar di simpang Jakabaring. Sedangkan kendaraan dari ampera yang akan ke Jakabaring atau Jakabaring ke Ampera bisa tetap melaju lurus sepanjang waktu karena traffic light akan dimatikan.

Untuk kendaraan dari Ampera ke Plaju, langsung saja seperti rute sekarang. Kendaraan dari Jakabaring ke Kertapati juga tetap rute saat ini. Hanya, kendaraan dari Jakabaring ke Plaju harus memutar di bawah Jembatan Ampera atau melalui Jalan Tegal Binangun/Lingkar Selatan.

“Kita lakukan rekayasa lalu lintas ini demi memberikan kenyamanan berlalu lintas kepada masyarakat. Skenario ini sendiri rencananya mulai diterapkan hari ini (kemarin, red) hingga nanti menemukan kendala,” beber Arief.

Pantau koran ini, pengendara yang melintas di simpang Jakabaring masih banyak yang belum tahu adanya perubahan rute pada 15 menit pertama uji coba tersebut. Namun, perlahan-lahan penumpukkan kendaraan di depan Kantor DPRD Kota Palembang terurai dan lancar kembali.

Tiga perputaran untuk menyiasati uji cba skenario pertama ini, yakni putaran depan Mapolresta Palembang, Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang, dan BKN Kanwil VII Palembang.

Evaluasi akan dilakukan beberapa waktu ke depan. Akan dilihat efektivitasnya di jam sibuk, seperti pagi dan sore hari jam pulang kantor. Kami juga meminta masyarakat untuk lebih bersabar, terutama pada beberapa titik yang masih menjadi perhatian kami. Diantaranya, penyempitan jalan dari arah Jembatan Ampera menuju Jakabaring,” imbuhnya. (aja/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 18 September 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: