Islamic Fashion Festival 2013, Pertemuan Desainer Ternama Internasional


Islamic Fashion Festival 2013, Pertemuan Desainer Ternama Internasional

Ilustrasi

Padukan Budaya Sriwijaya, Dominan Merah

Di atas catwalk, para model memprlihatkan rancangan karya desainer kondang dalam ajang Islamic Fashion Fastival (IFF) 2013. Dari sekian rancangan tersebut, satu di antaranya bernuansa Kerajaan Sriwijaya, karya Ghea Sukasa Pangabean.

================================
================================

Catwalk sepanjang 10 meter membentuk huruf T berdiri megah, dihasi lampu warna-warni di ballrom Hotel Novotel Palembang & Residence, Minggu (8/9). Berlapis karpet warna merah membuat panggung tersebut terkesan megah. Bagian depan terdapat 30-an kamera berjejer rapi.

Ketka itu, waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB. Suasana ruangan yang menjadi lokasi pelaksanaan Islamic Fashion Festival (IFF) 2013 antara Indonesia-Malaysia berubah tatkala satu per satu para model keluar dari pintu kanan catwalk.

Diirngi lantunan musik melayu, tanpa canggung, para model kolaborasi mancanegara itu “menebar” senyum. Sesekali mata mereka tajam menyapu ruangan. Mengenakan busana tertutup dan berhijab, para model pun membaawa peragaan fashion show busana muslim internasional bertemakan “Kelir Sriwijaya.” Aksi mereka di depan kamera menjadi daya pikat pengunjung yang hadir. Nah, di antara rancangan desainer kondang asal Malaysia dan Indonesia, dalam gala dinner IFF 2013 itu, juga diperkaya dengan sentuhan Ghea Sukasah Pangabean, desainer asal Indonesia yang namanya melambung di tingkat internasional. Karyanya yang mengusung budaya tanah kelahiran, menjadi salah satu daya tark pengunjung malam itu.

Ghea, kelahiran Rotterdam Belanda 1 Maret 1955 lalu, sejak kecil resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Dia pun bangga dengan keragaman budaya negeri ini. Karena itulah, dalam karya-karyanya sering ditemui rancangan menggunakan motif jumputan Palembang dan Jawa. “Saya sudah lebih dari 31 tahun berkecimpung di dunia fashon. Dan tahun ini, saya akan kembali memperlihatkan rancangan busana muslim menggunakan bahan dasar kain tradisional Palembaang, dan mencampurkan elemen nuansa Kerajaan Sriwijaya,” Ujar Ghea kepada wartawan koran ini saat ditemui pada acara tersebut.

Sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia, ia menyajikan rancangan busana muslim bertemakan Swarna Dwipa di malam gala dnner itu. Model yang mengenakan hasil rancangannya itu satu per satu muncul dari balik layar dengan mengenakan busana muslim yang modern dan fashionable. “Saya pakai wanra-warna cerah, beragam, penuh warna. Sama seperti Kerajaan Sriwijaya yang menggunakan banyak paduan unsur merah. Saya gunakan tema itu dengan mengambil arti busana yang kemilau dan cantik, ditambah campuran kain songket,” tutur dia.

Alumni Jurusan Seni Rupa Trisakti Jakarta itu menuturkan, ia sudah sejak lama mencintai Palembang dan mendapatkan inpirasi berbagai busana khas Indonesia dari sini. “Saya ingin dari karya saya ini bisa mengangkat nama baik Palembang supaya di kenal dunia,” tukas Ghea. Dengan adanya acara IFF 2013 merupakan suatu kebanggaan karena dapat mewakili Indonesia mempresentasikan karya-karyanya baik di dalam maupun luar negeri. Keikutsertaannya merancang busana muslim kali ini bukanlah pertama kalinya, Ghea sudah ikut bergabung sejak 2006 IFF berdiri.

“Sudah pernah ikut IFF saat acaranya di Jakarta, Kuala Lumpur, Dubai, Monaco, London dan lain-lain. founder IFF Datto Reza Raja Shah-lah yang telah mengajak saya untuk ikut berpartisipasi di acara ini bersama desainer ternama lainnya,” beber wanita yang pernah sekolah di Jerman ini. Dikatakan Ghea, IFF itu memberikan nuansa baru terhadap busana muslim dan juga sebagai jalinan persahabatan antarbangsa. (*/ce1)

Sumatera Ekspres, Selasa, 10 September 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: