Opening-Closing di Bumi Sriwijaya


Opening-Closing di Bumi Sriwijaya PALEMBANG — Tempat opening-closing atau pembukaan dan penutupan Islamic Solidarity Games (ISG) III, Indonesia 2013 pindah. Semula akan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), geser ke Stadion Bumi Sriwijaya, Kampus. Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan alasan pemindahan karena GSJ lebih difokuskan pada cabang olahraga (cabor) sepak bola. Mengingat cabang olahraga paling populer di dunia itu, akan berlangsung 16-29 September. Sedangkan opening pada 22 September dan closing pada 1 Oktober nanti.

“Istilahnya tabrakan jadwal untuk mempersipkan opening dan closing minimal butuh waktu empat hari untuk blocking penari serta serta persiapan acara lain. Makanya saat SEA Games XXVI Indonesia 2011 lalu sepak bola dipertandingkan di Jakarta karena kita lebih memilih opening-closing,” ujarnya.

Menurut dia, acara opening-closing dibuat lebih simpel. Hanya tidak kalah meriah dengan pembukaan dan penutupan SEA Games lalu.

Bagaimana dengan konsep acara? Nirmala Desi, divisi Look of The Games ISG, menjelaskan, detailnya me=ash difinalkan. Ini mengingat panitia belum menunjuk secara resmi pemenang tender untuk event organizer (EO) pelaksanaan opening-closing.

Hanya, kata dia, sekarang ini tinggal menjaring dua peserta dalam acara beauty contest, akni NSB dan Wartama. Sebelunya ada lima EO bersaing, selain NSB, dan Wartama ada MNC serta salah satu koreografer andal Dhenny Malik. “Dalam waktu dekat akan kita putuskan siapa EO pemegang hak opening-closing,” terang ketua bidang promosi KONI Sumsel ini.

Lanjutnya, setiap EO punya kelebihan masing-masing baik program maupun konsep acara. NSB, misalnya, bakal lebih memprioritaskan pada Budaya Nusantara. Dengan hiburan musik pop disertakan dengan artis ternama seperti Rosa dan Judika.

Sedangkan Wartama lebih pada Budaya Islami dengan arktris Opick, Sulis serta beberapa grup nasyid tanah air. “Kalau kita pengen konsepnya, ya ada budaya daerah terus nuansa Islami,” tambah dia.

Selain pertunjukkan penari dan aktris Ibu Kota, dalam pembukaan dan penutpan juga akan disuguhkan atraksi kembang api. “Tapi pesta kembang api tidak terlalu dominan seperti SEA Games,” Apalagi, tambah dia, Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) melarang untuk mengadakan pembakaran api caldron. “Karena unsur api tidak boleh, maka diganti dengan sama sinar laser yang bentuknya seperti api,” terang wanita berambut panjang ini.

Bagaimana ticketing? “Demi keamanan, maka tketing akan dikomersilkan. Tapi kami belum bahas lebih jauh berapa berapa nominal satu lembar tiket, baik kelas umum, VIP maupun VVIP. Karena dengan dikomersilkan, jumlah penonton bisa dibatasi. Kemungkinan besar tidak lebih mahal dari pada tiket SEA Games.”

Sementara itu hasil rapat terakhir chif de mission (CMD) atau ketua kontingen masing-masing negara dan technical delegate (TD), 13 cabor ISG III di Hotel Aryaduta Palembang menetapkan jumlah peserta 31 negara. “Sampai saat ini tetap 31 negara entry form by name (sudah mendaftarkan diri). Dengan rincian 1.743 atlet, 589 ofisial, sehingga NOC tidak sebanyak SEA Games total 2332 terhitung sejak Agustus lalu,” kata Joko Pramono, Ketua Deputi I, ISG III saat jumpa pers.

Di bagian lain, pembagian grup (drowing) emapa cabang alahraga (cabor), dilakukan di Griya Agung, Rabu malam (21/8). Cabor yang dimaksud ialah sepak bola, basket, voli pantai. Alex mengatakan, Indonesia berpartisipasi dalam semua cabor tersebut dan menargetkan sebagai juara umum ISG tahun ini. “Mereka akan berpartisipasi mengikuti 13 cabor yang diperlombakan dalam ISG,” kata Alex.

Alex berharap, dengan penyelenggaraan ISG 2013 ini berjalan baik dan lancar mulai dari persiapan, pembukaan, sampai penutupan. “Kita sebagai tuan rumah wajib memberikan yang terbaik bagi semua undangan dari negara peserta,” bilangnya.

Faisal Abdulaziz Al Nassar, Secretary General Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) mengatakan, penyelanggaraan ISG tahun ketiga ini akan menjadi tolak ukur kekuatan olahraga dunia Islam, baik timur maupun barat. Dari Maroko sampai Indonesia.

“Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Islam terbesar di dunia, Indonesia menjadi tuan rumah yang baik. Kami mengucapkan terima kasih atas semua bantuan dari Pemerintah Provinsi SumSel yang antusias mendukung terselenggaranya ISG tahun ini,” kata Faisal yang berasal dari Arab Saudi ini.

Lot drawing ini dihadiri Wakil Gubernur Eddy Yusuf, Wali Kota Palembang Romi Herton dan Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo beserta perwakilan negara peserta. (tim/ce1)

Sumatera Ekspres, Kamis, 22 Agustus 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: