Sumsel, Tuan Rumah Islamic Solidarity Games (2/selesai)


Event Negara Kaya, Bidik Investasi

Sumsel, Tuan Rumah Islamic Solidarity Games (2/selesai) Meningkatkan iklim investasi menjadi bidikan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dari event Islamic Solidarity Games (ISG) III. Bagaimana strategi yang disiapkan? Berikut petikan wawancara dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Negara peserta ISG nanti negara-negara kaya, ada target tertentu yang ingin dicapai?

Ya, acara ini skalanya jauh lebih besar dibandingkan SEA Games XXVI tahun 2011. Pesertanya negara-negara kaya dan kumpul di sini (Palembang). Bayangkan dampaknya, pasti akan luar biasa untuk perkembangan pembangunan Sumsel. Apalagi dari sisi investasi. Jadi bukan hanya di pesta olahraga yang diselenggarakan 10 hari itu, tetapi dampaknya ke depan.

Dari sekian banyak potensi investasi yang dimiliki Sumsel, apa yang utama akan ditawarkan?
Sekarang jika kita bisa mengerti kemauan mereka, mungkin apa yang kita minta pasti akan tercapai. Nah, kita manfaatkan itu untuk investasi pembangunan UIN Raden Fatah, Masjid Raya Sriwijaya, dan Islamic Centre. Banyak lagi yang bisa kita bidik. Intinya ini kesempatan Sumsel dan harus kita manfaatkan sebaik mungkin.

Selain investasi, pastinya event ini juga memiliki dampak lain, apa saja misalnya?

Kita berkaca dari suksesnya penyelenggaraan SEA Games 2011, dimana penerbangan dahulu hanya sebanyak 11 kali, sekarang berkembang pesat menjadi sekitar 30 kali. Di sisi perekonomian, usaha rakyat terus berkembang. Begitu pula dengan industri lainnya. Jadi bisa dibayangkan apa yang akan terjadi setelah event yang lebih besar lagi.

Manfaat adanya ISG sepertinya begitu besar, namun sejauh ini bagaimana pendanaannya?

Ada dana APBN yang dibagikan ke semua panitia. Nah, Sumsel hanya kebagian sekitar Rp 84 miliar. Di situ sudah masuk pembukaan, penutupan, dan lain-lain.

Apakah dana itu mencukupi?
Itu tentunya tidak cukup. Jadi kita juga gunakan dana APBD dengan menggeser peruntukannya melalui DPRD. Nah, jika masih kurang lagi, langkah selanjutnya mencari sponsor dan memanfaatkan dana yang berasal dari pihak ketiga. Namun yang paling penting, ini membutuhkan dukungan dari semua masyarakat Sumsel.

Apa harapan Anda kepada masyarakat Sumsel terkait ISG?

Tentunya jadilah tuan rumah yang baik karena banyak hal yang pertaruhkan di sini. Termasuk juga kehormatan, kesempatan kita karena ini belum tentu akan dilaksanakan lagi di Sumsel. (rip/ce1)

Sumatera Ekspres, Selasa, 6 Agustus 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: