Tauhid, Ubudiah, dan Akhlak dalam Berpuasa


Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan Oleh: H.J. Suyutri Pulungan

Tauhid, ubudiah dan akhlak dalam Islam saling berkaitan dengan kehidupan mukmin-muslim, demikian pula dalam berpuasa. Tauhid menjadi fondasi seseorang rala untuk melaksanakan ubudiah, dan ubudiah yang benar sejatinya menimbulkan akhlak yang terpuji. Tauhid adalah keyakinan seorang hamba bahwa Allah SWT adalah Rabb yang Esa, tiada Rabb selain Dia dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam Rububiyah (Ketuhanan) dan uluhiyah (dalam beribadah) serta asma’ dan sifat yang melekat pada Dzat-Nya. Demikian pula dalam akhlak tauhid harus mewarnai perilaku seorang hamba sebagai buah dari tauhid dan ubudiah.

Tauhid yang mengarah pada penetapan dan pengenalan disebut tauhid rububiyah, dan tauhid asma. Sedangkan sifat, yaitu sikap eorang hamba yang mengakui dan menetapkan hakikat Dzat Allah SWT serta mentauhdkan (Mengesakan) Allah SWT dengan Asma dan Sifat serta perbuatan-Nya. Seorang hamba meyakini dan membenarkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang menciptakan, memiliki, mengatur alam semesta ini, termasuk yang mengatur kehidupan semua ciptaan-Nya. Inti tauhid ini adalah sikap dan pandangan yang meng-Esakan Allah SWT sebagai satu-satunya Rabb yang Esa. Dengan sikap ini ia tidak berpaling kepada yang lain dan menyembah-Nya melalui ibadah, hanya memohon pertolongan kehadirat-Nya dan bertawakkal kepada-Nya.

Dengan demikian tauhid rububiyah adalah keyakinan serang hamba bahwa Allah SWT adalah Rabb yang menciptakan, memiliki dan mengatur segala yang terjadi di alam semesta termasuk kehidupan manusia. Sedangkan tauhid yang mengarah kepada pengakuan yang tulus dan suci bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa yang wajib disembah disebut tauhid uluhiyah. Tauhid uluhiyah harus mendasari tauhid rububyah.

Ibadah adalah aktivitas ritual untuk menyembah Allah, yaitu menghambakan dan merendahkan diri kepada-Nya sebagai Dzat yang Maha Tinggi, memiliki kekuasaan tertinggi yang tak terbatas dalam mengatur alam semesta. Ibadah dalam Islam meliputi segala sikap, perkataan dan perbuatan yang diridhai Allah SWT.

Akhlak terkait dengan tingkah laku seorang hamba terhadap Allah dan makhluk lain, ada yang terpuji dan ada yang tercela. Manusia mukmin yang baik akhlaknya, kata Rasulullah SAW, termasuk orang paling baik (HR. Muttafqun ‘alaihi). Karena saah satu misi Kerasulannya adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia, bagi umat manusia.

Tauhid orang berpuasa, mukmin yang berpuasa harus berkeyakinan bahwa kewajiban puasa pada bulan Ramadhan adalah syariat dari Allah SWT untuk kebaikan hamba-Nya dalam kehidupan dunia dan akhirat. Ia berpuasa karena Allah SWT, Tuhan yang Esa yang wajib disembah.

Ibadah orang berpuasa. Puasa sendiri adalah ibadah, menahan diri dari segala yang dilarang, tapi seyogyanya agar diperoleh keutamaan Ramadhan dan ibadah puasa harus diperkaya dengan ibadah-ibadah lain, menjaga mengamalkan shalat lima waktu dan sunnah rawatibnya, kiyamul lail, dzikir, istighfar, doa, infaq, sedekah, ‘iktikaf di masjid, membaca, mentadarus, dan mentadabbur Al-Qur’an dengan mengharapakan ridha Allah. Ganjaran berlipat ganda 10 hingga 100 kali.

Akhlak berpuasa harus berlandaskan tauhid kepada Allah yang Esa dan Maha Mengawasi seluruh perilaku hamba-Nya. Mukmin berpuasa harus menghiasi perilakunya dengan dengan sabar, jujur, wara’, zuhud kepada dunia, berbuat kebajikan, santun, rendah diri dan terhindar dari bohong, khianat, caci maki, amarah, syuudzon, sombong, riya’ serta penyakit hati lainnya. Dengan demikian tauhid, ibadah dan akhlak harus bersinergi dalam ibadah puasa, sehingga ibadah puasa kita berkualitas. (*/ce2)

Sumber: Hikmah Ramadhan
Sumatera Ekspres, Kamis, 11 Juli 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: