Keutamaan Bulan Ramadhan


Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan Oleh: H.J. Suyutri Pulungan

Keutamaan bulan Ramadhan dan keutamaan puasa berdasarkan penjelasan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Pertama, keutamaan Bulan Ramadhan. Dalam surat Al-Baqarah ayat 185 dijelaskan bahwa Al-Qur’an diturunlkan pada bulan Ramadhan. Al-Qur’an itu sendiri berfungsi sebagai hudan (petunjuk) bagi manusiadan penjelasan petunjuk itu, serta furqon (pembedaan antara yang hak dan yang bathil).

Sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan paling utama sabagai hari pembebasan dari api neraka bagi mukmin yang berpuasa, dan terdapat pula satu malam yang paling utama, yaitu Malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah malam yang lebih utama dari seribu bulan (QS. Al-Qadr: 3). Orang mukmin berpuasa yang beribadah pada malam itu, tentu pahalanya lebih utama dari pada pahala bribadah dalam seribu bulan. Orang shalat pada malam Lailatul Qadr, kata Rasulullah SAW, niscaya diampuni dosanya yang terdahulu (HR. Muttafqun’alaih).

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya yang disebut dalam hadits Nabi SAW adalah bila bulan Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup serta setan-setan dibelenggu (HR. Muttafaqun ‘alaihi). Karena orang berpuasa pada watu siang dan malam hari berperilaku orang bertaqwa (melaksanakan segala perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya) maka pintu surga terbuka baginya dan surga adalah balasan bagi orang yang bertaqwa. Sehingga juga pintu neraka tertutup baginya dan setan-setan tidak dapat menggodanya untuk melanggaran larangan Allah SWT.

Keutamaan lain, dilihat dari sis hkmah puasa. Dimana, puasa adalah wasilah atau sarana bagi orang mukmin untuk menjadi manusia taqwa dengan melaksanakan kewajiban dan meninggalkan yang diharamkan. Dengan puasa seorang mukmin dapat merasakan penderitaan kaum miskin dan fakir yang serba kekurangan, sehingga menumbuhkan rasa kasih sayang dan persaudaraan yang solid terhadap sesama. Di samping itu, dengan puasa seorang mukmin mensucikan rohaninya dari penyakit hati yang tercea dan berperilaku yang tidak terpuji. Puasa memanusiakan manusia menjadi hamba Allah yang taat (dimensi hablumminallah), dan menjadi manusia yang peduli terhadapa sesama (hablumminannas).

Keutamaan berikut bahwa amal ibadah yang dilaksanakan orang berpuasa pada bulan Ramadhan, pahalanya dilipatgandakan. 1 kebaikan berlipat 10 hingga 100 kali. Karena puasa adalah milik dan untuk Allah, karena ia dapat mengendalikan hawa nafsunya dan meninggalkan makanannya (sealipun halal baginya) karena Allah semata (HR. Muttafaqun ‘alaihi). Karena itu Rasulullah SAW bersabda bahwa orang-orang mukmin yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan ridha Allah, niscaya akan diampuni dosanya yang terdahulu (HR. Muttafaqun ‘alaihi).

Ada lagi, keutamaan bulan Ramadhan sebagai penghulu segala bulan sebagai bukti Allah SWT sangat memuliakan bulan Ramadhan. Dengan status kemuliaan itu membuat segala amal ibadah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan memiliki nilai paing utama dari pada yang dilaksanakan pada bulan-bulan lain. (*)

Sumber: Hikmah Ramadhan
Sumatera Ekspres, Rabu, 10 Juli 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: