Maksimal Dua U-Turn


Maksimal Dua U-Turn PALEMBANG — Keberadaan perputaran (u-turn) di jalan, khususnya yang ramai lalu lintas seringkali mengganggu kelancaran lalu lintas kendaraan karena memunculkan kemacetan. Karena itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang akan menyediakan maksimal dua u-turn pada setiap ruas jalan utama Metropolis.

“Idealnya, untuk kelancaran arus lalu lintas harus meminimalisir keberadaan u-turn karena itu dapat menghambat aksesibilitas kendaraan lain,” kata Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Pathi Riduan.

Untuk itulah, Dishub bersama pihak dalam Forum Lalu Lintas menggelar pertemuan membahas beberapa rencana, termasuk u-turn. Kata Pathi konsep lalu lintas kota metropolitan sifatnya mengalir dan bebas hambatan. “Kepadatan kendaraan hanya dititikberatkan pada satu titik,” ucapnya.

Sejauh ini, kata Pathi, konsep tersebut telah diterapkan pada pembangunan Jalan Soekarno-Hatta (lingkar barat). “Di sana (Jalan Soekarno-Hatta) banyak kendaraan bertonase besar dengan kecepatan tinggi. Kalau ada u-turn akan sangat membahayakan pengguna jalan lain,” jelasnya.

U-Turn di ruas Jl Kol H Barlian pun diminimalisir, sisa dua atau tiga putaran saja. Salah satu u-turn yang ditutup yakni di depan Graha Pena, karena dinilai menimbulkan kemacetan dan menghambat arus lalu lintas.

Khusus U-Turn depan RS Myria hanya dipasangi rantai agar bisa dibuka-tutup dalam kondisi emergency. Pathi menambahkan, pihaknya berencana menutup u-turn di depan Trakindo. Dikatakan Agus Supriyanto, Kepala Bidang Transportasi dan Rel Dishub Palembang, keberadaan u-turn di jalan arteri primer dalam kota memang harus diminimalisir.

Penerapannya melalui kajian dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. “Di sepanjang jalan primer harusnya hanya ada dua atau tiga u-turn,” imbuhnya.

Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Sumsel AKBP H Hermanto mengatakan, penutupan u-turn dilakukan karena sering kali terjadi kemacetan dan kecelakaan. (yun/ce2)

Sumatera Ekspres, Kamis, 20 Juni 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: