Puting Beliung Ngamuk di Lahat


Puting Beliung Ngamuk di Lahat
Rusak: Angin puting beliung, sore kemarin, merusak belasan warga di beberapa desa di Kecamatan Kota Agung, Lahat. Atap seng beterbangan, termasuk parabola. Belum lagi pohon yang tumbang menimpa rumah hingga roboh

LAHAT — Hujan disertai angin kencang sore kemarin (25/4) menjadikan momok tersendiri bagi warga Desa Bintuhan, Danau, Kebun Jati, di Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat. Betapa tidak, belasan rumah porak poranda hingga membuat puluhan Kepala Keluarga (KK) terancam kehilangan tempat tinggalnya oleh angin puting beliung yang mengamuk itu.

Camat Kota Agung, Leprintis, ketika di hubungi wartawan koran ini via ponselnya, mengatakan, berapa jumlah yang rusak akibat puting beliung itu masih didata stafnya. Leprintis sendiri masih menghadiri acara penutupan PEDA KTNA XI di Kota Lahat. “Sejauh ini segenap perangkat kecamatan dan desa-desa yang ada masih terus menelurusi dan mendata serta merekap beberapa rumah yang rusak,” katanya.

Menurut informasi yang didapatnya, hujan disertai angin kencang hingga membonceng puting beliung itu berlangsung berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB hingga 17.00 WIB. “Sampai malam ini, untuk korban jiwa masih nihil,” ujarnya.

Dari pendataan sementara, dua rumah rusak berat dan 30 lainnya rusak ringan di Desa Kebun Jati. Di Desa Danau ada satu rumah rusak berat, di Desa Bintuhan ada lima rumah rusak berat dan tiga rusak ringan. “Mungkin juga ada kerusakan di tempat lain di sekitarnya, seperti di Desa Mutar Alam. Kami sudah menghubungi Dinas Sosial, guna memberikan bantuan sementara kepada warga yang menjadi korbannya,” duga Leprintis.

Herman (35), warga Desa Bintahun, mengatakan, rumahnya juga hancur. Menurutnya, kejadiannya begitu cepat, saat hujan dan angin kencang itu, ada pohon kelapa yang roboh dan menimpa rumahnya dan rumah tetangganya. “Untung kami cepat keluar. Aku, bini aku, dan anak aku nyelamatkan diri. Pas Kuliat, jeme dusun la belari gale (baca: orang dusun lainnya juga sudah berlarian, red),” jelasnya. (idi/air/ce6)

Sumatera Ekspres, Jumat, 26 April 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: