Tiga Jembatan Ambrol


Tiga Jembatan Ambro Tiga Jembatan Ambro
Ambrol: Salah satu dari dua jembatan di Catur Tunggal Kecamatan Mesuji Makmur OKI yang ambrol digantikan dengan pohon kelapa agar bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Bahkan, oknum warga sekitar mencoba mengambil keuntungan dari kondisi tersebut. Sementara itu, sudah lima belas bulan Jembatan Tegal Sari Mesuji Makmur juga rusak (foto kanan)

KAYUAGUNG — Sebanyak tiga jembatan termasuk jalan poros desa dan kecamatan di wilayah Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) rusak berat. Ketiga jembatan tersebut roboh, temaptnya di Desa Catur Tunggal sebanyak dua buah jembatan dan satu jembatan terletak di jalan poros Kecamatan Mesuji Makmur tepatnya di Desa Tegal Sari.

Untuk sementara masyarakat setempat menggantinya dengan beberapa pohon kelapa agar jembatan tersebut tetap bisa dilewati warga. Warga yang melintas baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua harus ekstrahati-hati, karena bisa saja kendaraan tersebut terperosok.

Kondisi ini menjadi kesempatan bagi sekelompok warga yang mencari keuntungan dengan cara menawarakan jasa memandu para pengendara agar tidak terperosok dengan imbalan sejumlah uang. Menurut Camat Mesuji Makmur, Romli SSos, robohnya dua jembatan cor di Desa Catur Tunggal terjadi satu menggu yang lalu. Karena memang umur jembatan sudah tua ditambah lagi sering turun hujan.

“Memang jembatan tersebut seharusnya sudah mendapatkan perawatan karena sudah keropos, apalagi sekarang musim hujan dan kendaraan bermuatan karet yang lewat, sehingga jembatan itu ambrol, kita sudah laporkan hal ini ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM),” katanya.

Wahyono, warga yang melintas di jembatan yang roboh itu, mengatakan sekarang masyarakat swadaya mengganti cor jembatan itu dengan pohon kelapa sebagai jembatan darurat. “Kalau jembatan di Desa Catur Tunggal ini merupakan jalan poros menuju empat desa di dalam Kecamatan Mesuji Makmur, kami berharap pemerintah segera memperbaiki jembatan ini, karena jembatan sementara yang terbuat dari pohon kelapa ini tidak tahan lama,” jelasnya.

Terpisah, masih dalam Kecamatan Mesuji Makmur, jembatan pelat besi yang terletak di Desa Tegal Sari sudah 15 bulan ambrol, belum juga diperbaiki. “Jembatan tersebut ambrol sejak Januari 2012 yang lalu, tetapi sampai sekarang tidak kunjung diperbaiki, padahal jembatan itu terletak di jalan poros menuju Kecamatan Mesuji Makmur,” kata Bambang warga Tegal Sari.

Akibat jembatan itu tidak kunjung diperbaiki, ketika wartawankoran ini melintas melalui jembatan itu menggunakan kendaraan roda empat terpaksa harus menerima resiko pecah ban dan bannya sudah tidak bisa digunakan lagi karena terkena sayatan pelat besi jembatan yang ambrol. Perjalanan terpaksa harus terhenti untuk mengganti ban serep.

Jembatan sepanjang 10 meter yang dibangun dengan kontruksi besi berlantai pelat pada bagian pangkalnya ambrol sepanjang empat meter dengang kedalaman sekitar 40 cm. Karena jembatan tersebut tidak bisa dilewati mobil tanpa double guardian, untuk menuju Kantor Camat Mesuji Makmur dan beberapa desa yang lain, harus memutar arah lewat jalan lain yakni jalan perkebunan PT Bulu Cawang dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Kepala Dinas PUBM Kabupaten OKI Syamsul Bahri melalui Kabid Perencanaan Pembangunan Ir. Baharuddin mengatakan pihaknya sudah mengetahui tentang ambrolnya jembatan di Mesuji Makmur tersebut hal ini akan dibahas terlebih dahulu. “Robohnya jembatan itu 13 April, atau seminggu yang lalu, jadi tidak termasuk dalam anggaran tahun 2013. Hal ini tetap akan dibahas, bagaimana jembatan itu bisa cepat diperbaiki,” katanya singkat. (hak/lia/ce3)

Sumatera Ekspres, Senin, 22 April 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: