Bengkel PT SAP Terbakar


Bengkel PT SAP Terbakar
Panik: Tampak sejumlah pegawai di bengkel PT SAP, Jl Kolonel Sulaiman Amin, Kecamatan AAL, pindahkan mobil truk tangki lainnya agar tidak tersambar api yang sudah menghanguskan dua truk tangki lainnya serta satu tangki BBM

PALEMBANG — Si jago merah menghanguskan dua unit truk tangki pengangkut CPO nopol BG 8186 RP dan BG 8742 GJ serta satu unit tangki BBM isi 5000 liter milik PT Sinar Alam Permai (SAP), di Jl Kolonel Sulaiman Amin, RT 10/03, Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL), Palembang. Tak ada korban jiwa dalam kejadian, Selasa (9/3), sekitar pukul 14.30 WIB itu.

Informasi yang dihimpun, sebelum api membesar, sempat terjadi setidaknya empat kali ledakan yang membuat warga sekitar panik dan histeris. “PT ini dari tahun 2001, kami taunyo izin usaha bengkel, dak tau kalu ado minyak solar cak ini. Untuk idak menyambar rumah kami. Uwong sudah pingsan galo. Lihat sendiri akibatnyo rumah kami hampir terbakar,” cetus Yunus (57) ketua RT 10/03, yang rumahnya hanya terpisah dinding dari kobaran api.

Begitu juga yang terjadi dengan Yudi, tetangga Yunus yang justru telaah mengeluarkan barang berharganya dari dalam rumah. Dirinya takut, jika api yang semakin membesar karena membakar minyak itu akan menyambar tempat tinggalnya. “Rumah kami dekat nian dengan PT ini, takut gek api nyamber ke rumah. Api ini muncul mungkin ado konsleting dari mesin pompa minyak ke mobil yang nak di isi solar itu jadi meledak,” katanya saat di temui wartawan koran ini di lokasi kejadian.

Setelah satu jam, delapan unit mobil Damkar dari Dinas PPK Kota Palembang berhasil menjinakan api. Sementara Rika, head personalia PT SAP, membantah tegas jika minyak tersebut adalah bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang ditimbun oleh perusahaan. “Bukan premium atau pun solar, itu hanya biodiesel dari bahan baku sawit, perusahaan kami bergerak dalam bidang pembuatan minyak sayur Fortune. Perusahaan ada di sini sudah sekitar 12 tahun, tapi baru kali ini terjadi kebakaran. Belum bisa dipastikan sejauh ini apa penyebab kebakaran,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun di lokasi menyebutkan bahwa sebelum terjadi kebakaran, sempat terlihat percikan api dari mesin pompa ataupun genset yang digunakan untuk memompa minyak dari tangki 5.000 liter menuju salah satu truk. Percikan api lantas membesar dan sempat menimbulkan ledakan. Mobil truk yang sedang diisi itu pun langsung dilarikan dengan segera, sementara dua mobil truk yang berada didekatnya tak luput dari jilatan api hingga hangus.

“Kejadian pas lagi isi di salah satu mobil. Belum selesai seluruhnyo, api lah muncul dan langsung membesar. Truk yang lagi ngisi tadi langsung belari bae, takut meledak. Selangnyo jugo langsung dilepas bae oleh petugas pengisian. Sempat di kasih APAR (racun api) tapi idak tertolong lagi, api langsung membakar dan menghanguskan satu tangki BBM petro – 4 dan duo mobil, salah satunyo mobil yang aku sopiri BG 8742 GJ,” kata Aprizal (59).

Lurah Karya Baru, Sumantri, yang datang ke lokasi kejadian, bersyukur api yang membesar tak menghangsukan rumah warga yang berada persis di sebelah lokasi PT SAP. “Kami sama sekali belum mendapat laporan terkait aktivitas pengisian bahan bakar di dalam perusahaan ini, karena yang dilaporkan kepada kami cuma aktivitas perbengkelan di lokasi kejadian. Sejauh ini akan kami data dan laporkan kepada atasan terkait kejadian ini. Masalah kerugian, ditaksir mencapai ratusn juta rupiah,” tandasnya.

Sementara itu Kapolsekta Sukarami Kompol Imam Tarmudi SIk MH melalui Wakapolsek Iptu Hendri Andrianto, mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kebakran tersebut. “Dugaan sementara ada percikan api dari genset di dekat penampungan bahan bakar, namun masih akan diselidiki lebih lanjut. Kami juga masih akan meminta keterangan saksi di lokasi. Kalau izin usaha kita masih melakukan selidiki jadi untuk kejadian ini kita masih lakukan penyelidikan terkait kebakaran ini,” tukasnya. (aja/cj1/air/ce2)

Sumatera Ekspres, Rabu, 10 April 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: