Sumsel Dikenal “Ratu Suntik”


Sumsel Dikenal Ratu SuntikPALEMBANG — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumsel menggalakkan sosialisasi vasektomi guna menunjang sukses program KB di Sumsel dan juga secara nasional. Menurut Kepala BKKBN Sumsel, Dra Sri Rahayu MSi, selama ini Sumsel dikenal “Ratu Suntik.”

Pasalnya, rata-rata pengguna alat kontrasepsi di Sumsel memilih KB suntik. Kondisi ini sangat rawan. “Suntik itu tidak tahan lama. Kalau petugas kita lalai, maka peserta KB kita dapat hammil lagi. Juga bagi mereka yang tidak rutin suntik KB,” jelasnya dalam kegiatan akselerasi pencapaian sasaran pembangunan kependudukan dan KB di Hotel Grand Duta, dua hari lalu.

Acara diikuti sekitar 200 peserta dari kabupaten/kota se-Sumsel. “Dalam rangka percepatan akselerasi pencapaian sasaran program KB inilah, kita gencar mensosialisasikan vasektomi,” ucapnya. Tercatat, tahun ini jumlah peserta KB aktif di Sumsel sebanyak 959.360 orang.

Direktur Kesehatan Reproduksi, Drs Ary Goedadi mengatakan, jumlah peserta vasektomi baru 0,2 persen dari total peserta KB pria yang hanya 1,8 persen. “Angka tersebut masih sangat rendah dari Program KB secara keseluruhan. 98 persen peserta KB diikuti kaum ibu,” imbuhnya.

Ary mengingatkan, program KB tidak hanya wewenang BKKBN saja. Harus ada kerja sama dari berbagai pihak terkait. “Dengan bantuan masyarakat, pemerintah daerah, MUI, dan instansi terkait lainnya, kita bisa mewujudkan target KB,” cetusnya.

Asisten III Bidang Kesra Pemprov Sumsel, Drs Akhmad Najib SH mengakui, seluruh komponen masyarakat memang harus terlibat dalam mewujudkan berbagai program KB di Sumsel. “Provinsi telah mengalokasikan dana di bidang kesehatan cukup besar, termasuk untuk mendukung program BKKBN,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) KBBKB PP Kota Palembang, Drs H Najib Pradedy MM belum lama ini mengatakan, tren KB vasektomi di Metropolis empat tahun terakhir mulai diminati. Saat ini pesertanya mencapai 2.400 akseptor. (cj6)

Sumatera Ekspres, Jumat, 5 April 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: