Gas Elpiji 3kg Mulai Langka


Gas Elpiji 3 kg Mulai Langka PRABUMULIH — Beberapa hari terakhir, stok gas elpiji ukuran 3kg di Kota Prabumulih mulai langka. Hal ini diperparah dengan tingginya harga gas di tingkat eceran yaitu sekitar Rp 20-30 ribu.

Salah seorang pengelola pangkalan gas yang berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Prabumulih Timur, Yogi (22) mengatakan, kelangkaan ini terjadi karena pasokan yang masuk ke Prabumulih dikurangi dari Pertamina. Biasanya ia menerima pasokan gas elpiji 3kg sebanyak 600 tabung per minggunya. Namun, pasokannya sekarang dibatasi hanya 450 tabung. “Padahal permintaan masyarakat sangat tinggi. Bahkan, kalau barang datang sudah langsung habis dibeli masyarakat,” katanya.

Hal ini juga yang memicu kenaikan harga di tingkat pengecer. Pasokan yang sedikit membuat masyarat kesulitan mencari barang, sehingga pengecer yang memiliki barang sudah menaikan harga lebih dari 50 persen dari harga normal. “Harga di pangkalan masih normal antara Rp 14.500-Rp 15 ribu. Tapi di tingkat pengecer harganya tinggi sekali,” ujarnya.

Yogi juga menuturkan mulai dari kemarin hingga seminggu ke depan, pasokan gas 3kg ke pangkalan dihentikan sementara karena barang yang ada masih di Pertamina ke tingkat agen juga berkurang. “Terpaksa yang kita jual hanya gas 12kg. Kalau untuk gas elpiji 3kg seminggu ke depan disuplainya sudah tidak ada lagi,” tuturnya.

Terpisah, salah seorang agen gas elpiji 3kg di Jalan Dempo Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur yang tidak ingin didebutkan namanya mengaku sudah seminggu ini ia hanya menyimpan tabung gas elpiji 3kg yang kosong. Truk yang berisi 560 tabung gas elpiji 3kg pun hanya diparkirkan di rumahnya saja. (kos/lia/ce3)

Sumatera Ekspres, Jumat, 5 April 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: