Hujan Deras, 10 Ruko Ludes


Depan Eks Cineplex, Lokasi Mall dan Hotel Baru

Hujan Deras, 10 Ruko Ludes
Cinde Terbakar: Ruko dan kios tempat usaha jual beli alat-alat mesin dan kendaraan bermotor, depan Cineplex 21, Cinde, Kelurahan 24 Ilir Palembang tadi malam terbakar.

PALEMBANG — Jago merah menghanguskan 10 rumah toko (ruko) berlantai dua tempat usaha spare part motor di RT 10, Jl Raden Muhammad, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, tadi malam (27/3), sekitar pukul 21.00 WIB. Lokasi tepatnya, ruko di kawasan pasar depan bioskop Cineplex, Cinde, belakang komplieks TK/SD Madrasah Gumi samping Masjid An-Nur.

Informasinya, ruko tersebut milik Haji senen. Menurut keterangan Jaka (24), saksi mata, sebelum kebakaran terlihat seperti ada kilatan petir yang menyambar ruko. Saat itu, hujan cukup deras sedang mengguyur Metropolis. Diduga, kilatan petir tersebut menyambar kabel listrik di salah satu ruko tersebut.

“Waktu hujan lebat tadi (tadi malam, red). Kebakaran mungkin karena konsleting, muncul percikan api dan api menjalar,” katanya di sekitar lokasi kebakaran. Dalam hitungan menit, api merembat dan melalap 10 pintu ruko tak berpenghuni tersebut. Api dengan cepat membesar karena dalam ruko kebanyakan berisi bahan karet. Beberapa kali terdengar dentuman suara keras yang diduga tabung elpiji meledak.

Hujan Deras, 10 Ruko Ludes Hingga pukul 23.00 WIB, api belum dapat dipadamkan. Hujan deras yang membasahi bumi tak juga mampu menghentikan amukan api. Tampak Kapolda Sumsel Irjen Pol Iskandar Hasan berada di lokasi kejadian bersama jajarannya. Puluhan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebaakaran Kota Palembang berjibaku memadamkan api.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Sabaruddin Ginting melalui Kasat Reskrim Kompol Joko Julianto mengatakan, asal api diduga berasal dari ledakan kompresor dan tabung gas elpiji. “Sementara ada 10 ruko yang terbakar. Besok (hari ini, red) akan diadakan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sejauh ini belum ada korban jiwa,” ucapnya.

Kepala Badang Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kota Palembang, Dicky Lenggardi mengatakan, pihaknya kesulitan memadamkan api karena banyak ban dan oli di dalam ruko. “Semua armada kita kerahkan, ada 20 unit dengan 100 personel,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Palembang, H Romi Herton yang juga meninjau upaya pemadaman kebakaran tersebut mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) menerjunkan 18 mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api. “Kita juga minta bantuan pemadam kebakaran dari Pertamina dan PT Pusri,” ucapnya.

Menurutnya, api sulit dipadamkan karena di dalam ruko banyak bahan karet dan oli. “Akses masuk kendaraan pemadam agak terhambat karena banyak yang menonton,” tutur Romi. “Besok langsung kita data korbannya. Masyarakat diminta tenang dan tidak terbawa keadaan,” pintanya.

Di balik ada atau tidak ada “campur tangan” manusia dalam kebakaran ini, kawasan ini memang rencananya akan dibangun mall baru. Tepatnya di eks bioskop Cineplex bakal dihancurkan. Wako Eddy Santana Putra pernah mengatakan, mall akan dibangun emapt lantai di atas lahan seluas sekitar dua hektare, termasuk tanah kosong tepat di depan areal bioskop. Di kawasan yang sama rencannya juga bakal dibangun sebuah hotel bintang empat.

Menurutnya, pembangunan mall dan hotel akan menghilangkan kekumuhan di sekitar kawasan itu. untuk nilai investasinya diperkirakan di atas Rp 250 miliar. Proses pembangunan mall dan hotel sendiri diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 tahun. Namun, Wawako Romi Herton tadi malam menegaskan, kebakaran ini tidak ada kaitannya dengan rencana pembangunan mall dan hotel. “Tidak ada kaitannya dengan rencana itu,” cetusnya. (mik/cj9/ce2)

Sumatera Ekspres, Kamis, 28 Maret 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: