Tanam Pisang, Protes Jalan Rusak


Tanam Pisang, Protes Jalan Rusak
Pohon Pisang: Puluhan warga berinisiatif melakukan penanaman pohon pisang di tengah ruas Jalan Bambang Utoyo, kemarin (28/1). Mengatasi banjir, warga terlihat tengah membersihkan saluran parit.

LEMABANG –- Kekesalan warga Kelurahan 2 Ilir dan Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II, atas rusaknya Jalan Bambang Utoyo, mencapai puncaknya. Kemarin (28/1), sekitar pukul 08.30 WIB, puluhan warga melakukan penanaman dua batang pohon pisang di jalan tersebut.

Penanaman itu sebagai wujud kekecewaan dan kekesalan warga kepada kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Pasalnya, pemerintah dinilai tidak cepat dan tidak tanggap merespons keluhan warga dalam memperbaiki jalan akses Lemabang-Kenten yang rusak parah.

“Penanaman juga sebagai tanda bagi pengendara motor dan mobil terhadap adanya lubang besar di jalan tersebut. Minimal, upaya tersebut bisa mengantisipasi dan mencegah kecelakaan yang terjadi,” kata Suhendi, ketua RT 05, kepada koran ini.

Pasalnya, sambungnya, telah ada sekitar empat truk kontainer yang amblas dan terperosot di lubang itu. Selain itu, banyak juga pengendara motor yang terjungkal dan terjatuh masuk lubang di lokasi tersebut.

“Sudah banyak korban. Kedalaman lubang tersebut mencapai satu meter dan lebar mencapai dua meter lebih,” ungkapnya.

Terlebih, lanjutnya, hujan deras, yang mengguyur Kota Palembang hampir sepekan ini, mengakibatkan banyak lubang yang terendam air dan tak terlihat oleh pengendara motor dan mobil yang melintas.

“Kami mendesak Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel segera memperbaiki Jalan Bambang Utoyo yang rusak parah tersebut. Bila tidak, warga akan menutup ruas jalan tersebut dan melarang seluruh kendaraan melintas,” ancamnya.

Lurah 2 Ilir, S Hendra SE MM, mengungkapkan, dirinya telah mengadukan aksi warga yang menanam pohon pisang di tengah ruas Jalan Bambang Utoyo kepada Camat IT II, Drs M Yanurpan Yany. Ini dilakukan agar pihak kecamatan bisa menyampaikan keluhan warga tersebut kepada dinas terkait. “Kami minta Jalan Bambang Utoyo bisa segera diperbaiki,” harapnya.

Terpisah, Camat IT II, Drs M Yanurpan Yany, mengakui, kalau perbaikan Jalan Bambang Utoyo tersebut telah masuk anggaran PU Bina Marga- PSDA Kota Palembang. Artinya, perbaikan jalan tersebut akan dilakukan di tahun ini. Pengerjaan perbaikan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. “Termasuk saluran parit di ruas kiri dan kanan jalan tersebut akan diperbaiki seluruhnya,” pungkasnya. (yud/via/ce4)

Sumatera Ekspres, Selasa, 29 Januari 2013

2 Responses to Tanam Pisang, Protes Jalan Rusak

  1. memang parah nian skrg jln mobil lemabang…
    lubangnyo dalem…

  2. zakky says:

    JALAN MR.R.SUDARMAN GANDA SUBRATA SUKATANI SUKAMAJU TIDAK LAYAK DI SEBUT JALAN, RUSAK PARAH SAMA KAYAK WALIKOTANYA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: