Mempercantik Tempat Peribadatan


Mempercantik Tempat Peribatanan PALEMBANG — Menjelang perayaan Imlek yang jatuh pada 10 Februari mendatang, tempat peribadatan umat tridharma dipercantik, salah satunya yaitu Kelenteng Dewi Kwan Im yang berlokasi di Kelurahan 10 Ulu Palembang dipercantik. “Kegiatan yang kami lakukan di antaranya mengecat kelenteng dan membersihkan bagian luar kelenteng,” ujar Wakil Majelis Tridharma Indonesia (Matrisia) Komda I Sumsel Tjik Harun, kemarin.

Kegiatan bersih-bersih tersebut dilaksanakan sejak lima hari lalu dan rencananya berlangsung hingga beberapa hari menjelang perayaan tahun baru masyarakat Tionghoa tersebut. Saat ini, kata Tjik Harun, pembersihan di kelenteng sudah sampai pada pengecatan pagar, dinding serta tiang-tiang di dalam kelenteng.

“Kelenteng ini dibenahi agar terlihat lebih baik karena nantinya akan banyak warga Tionghoa yang datang untuk bersembahyang saat Imlek,” ungkapnya. Dikatakannya, kegiatan tersebut rutin dilakukan tiap tahun minimal sebulan menjelang Imlek.

Selain itu, pembersihan altar-altar dewa juga akan dilakukan, hanya saja belum dapat dilaksanakan sekarang. “Pembersihan altar-altar dewa di kelenteng ini biasanya dilakukan pada tanggal 24 bulan 12 kalender Imlek karena diyakini dewa-dewa sudah terbang ke langit,” cetusnya.

Pantauan koran ini, saat memasuki area kelenteng terlihat pengurus Kelenteng Dewi Kwan Im sedang sibuk mengecat pagar. Hal serupa juga terlihat di bagian dalam kelenteng, sejumlah tiang bermotif naga emas dipercantik dengan cara dicat ulang.

Tampak banyak steger yakni bangunan platforn yang dibuat sementara yang digunakan untuk menyangga tenaga kerja, bahan dan alat terpasang di dalam kelenteng. Selain itu juga nampak beberapa kaleng cat yang digunakan sebagai alat untuk melukis dinding tersusun di lantai. Semua pengurus yang melakukan pembenahan kelenteng terlihat serius bekerja agar pola yang akan digambar tidak salah. (wia/vin/ce2)

Sumatera Ekspres, Sabtu, 12 Januari 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: