Inisiatif Swadaya Perbaiki Jalan


Inisiatif Swadaya Perbaiki Jalan

SUNGAI SELAYUR –- Kondisi Jalan Masjid Al-Ikhlas di Kelurahan Sungai Selayur memprihatinkan, mirip kubangan kerbau. Pasalnya, jalan tersebut terendam air luapan air parit, sementara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang selama lima tahun ini tak kunjung melakukan perbaikan.

Karena itulah, puluhan warga setempat berinisiatif secara swadaya meninggikan dan mengecor beton jalan sepanjang 50 meter tersebut. Seluruh bahan mulai dari tanah timbun, semen, batu bata hingga pasir berasal dari bantuan masyarakat secara sukarela.

Selain itu, pekerja melakukan pengecoran jalan tersebut dikerjakan sendiri oleh masyarakat setempat. “Kami sengaja secara swadaya meninggikan dan mengecor jalan Masjid Al-Ikhlas sekitar 50 cm dan sepanjang 50 m. Ini dilakukan agar jalan tak lagi terendam oleh luapan air parit tiap turun hujan deras,” ujar Rumi, salah seorang warga Sungai Selayur, kemarin (8/1).

Struktur jalan tersebut, kata Rumi, sudah di bawah dan sejajar dengan parit yang ada. Kondisi tersebut mengakibatkan jalan selalu terendam oleh luapan air parit yang ada. “Akibatnya, kondisi jalan menjadi seperti kubangan kerbau,” katanya. Ini dikarenakan jalan tersebut selalu dilintasi kendaraan milik masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut katanya, pihaknya lebih berinisiatif secara swadaya melakukan perbaikan jalan tersebut daripada menunggu perbaikan dilakukan Pemkot Palembang atau dana PNPM Mandiri yang ada.

Terpisah, Camat Kalidoni, Syahrul Hefni mengatakan, perbaikan jalan Masjid Al-Ikhlas yang dilakukan secara swadaya tersebut adalah hal yang sangat positif. Ini menunjukkan, warga Kalidoni adalah warga negara yang baik dan mendukung program Pemkot Palembang dalam memperbaiki fasilitas umum yang ada.

“Sebenarnya, masyarakat tersebut hanya meninggikan jalan sepanjang 50 meter yang ada. Sedangkan saluran parit, telah dibangun oleh Pemkot Palembang,” kata Mantan sekcam Kemuning tersebut.

Meski demikian, dirinya akan mengusahakan dan membantu pembangunan jalan tersebut dari dana PNPM Mandiri dan APBD Kota Palembang. “Itu belum pasti. Kami akan usahakan agar pembangunan jalan tersebut mendapatkan bantuan,” janjinya. (yud/via/ce4)

Sumatera Ekspres, Rabu, 9 Januari 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: