Byar Pet, PLN Pelihara Jaringan


Byar Pet, PLN Pelihara JaringanDua Gardu Induk Sempat Trouble

PALEMBANG — Sejumlah pelanggan PLN mengalami pemadaman sementara, kemarin (8/1). Baik yang ada di kawasan Sako, sebagian Sukarami dan wilayah lain. Banyak yang tidak tahu ternyata pemadaman itu karena sedang adanya pengerjaan pemeliharaan jaringan.

“Dari pagi tadi hidup mati, pukul 10.00 WIB hidup, terus pukul 11.00 WIB mati lagi. Kalau begini terus, bisa rusak barang-barang elektronik kami,” ungkap Irawan, salah seorang warga Pusri Sako. Warga di Soak dan Sukabangun juga mengalami pemadaman listrik. “Iya, listrik mati nih, mungkin lagi ada gannguna,” kata Diah, seorang ibu rumah tangga di Jalan Soak Simpur.

Manajer Area Palembang, Sarbani Sofyan membenarkan adanyapemadaman sementara sebagian pelanggan di wilayah Palembang. :Kami mohon maaf dan mohon pengertiannya karena ada pemeliharaan jaringan terjadwal. Mulai pagi tadi, jadwalnya sore sudah selesai,” imbuhnya.

Pekerjaan pemeliharaan jaringan ini, ucap Sarbani,rutin diadakan, malah hampir tiap hari. Jaringan-jaringan dipelihara agar tidak rusak dan terjaga kehandalannya dalam penyaluran daya listrik kepada pelanggan. “Kalau rusak baru mau diperbaiki, takutnya padam lebih lama dari sekedar pemeliharaan. Nah, kita tidak ingin seperti itu,” bebernya.

Yang kemarin dilakukan, pemeliharaan jaringan tegangan menengah. Soal jumlah pelanggan yang mau tidak mau terkena pemadaman sementara, tergantung dari jumlah titik yang dipelihara. “Makin banyak titik, banyak pelanggan yang kena. Tapi untuk pemeliharaan ini, biasanya lebih dari 100 pelanggan,” cetus Sarbani.

Menurutnya, pemeliharaan dilakukan sepanjang tahun, sesuai dengan kebutuhan. Lokasi pun tidak hanya wilayah Palembang, tapi juga daerah lain. Soal tunggakan, hingga saat ini pelanggan PLN untik Area Palembang yang menunggak membayar rekening listrik masih banyak sekali. “Terakhir, per akhir tahun masih Rp 26 miliar, dibanding area lain kita nomor dua tertinggi tunggakannya,” katanya.

Sekitar 85 persen yang menunggak merupakan pelanggan rumah tangga, dengan daya 450-2.200 watt. “Industri tidak ada tunggakan. Tapi pajak lampu jalan, terus beberapa kantor pemerintahan ada yang menunggak. Salah satunya karena alasan habis anggaran 2012. Semua sudah kita peringatkan,” beber Sarbani.

Karena keterbatasan personel, masih ada pelanggan yang nunggak lebih dari tiga bulan belum diputus permanen sambungan listriknya. “Tapi kita tidak akan pandang bulu, siapapun yang nunggak terpaksa kita putus sepihak,” tegasnya.

Dari Humas PLN Wilayah S2JB, Edi Juarsah mengatakan, selain adanya pemeliharaan, kemarin siang juga ada gangguan gardu induk (GI) yang terganggu kinerjanya (trouble). “GI Seduduk Putih dan GI Talang Ratu. Dalam pemulihan, pperlu waktu sekitar satu jam sudah bisa operasional lagi, tidak lama,” tukasnya. (tha/ce3)

Sumatera Ekspres, Rabu, 9 Januari 2013

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: