Situs Jepang Segera Dibongkar


Situs Jepang Segera DibongkarPALEMBANG — Bukti sejarah kependudukan Jepang di Palembang, yang berupa pangkalan meriam, rumah pemancungan, dan pos penjagaan yang ada di Jalan Pertahanan RT 43, Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, bakal dibongkar oleh pihak pengembang Perumahan Pesona Madani. Tak hanya akan dibongkar, kondisi situs juga terbangkalai, sebagian lokasi situs di antaranya digunakan masyarakat untuk rumah, kandang ayam, dan tempat sampah.

Mengenai pembongkaran situs, Kasi Trantib Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, Ali Sastro mengungkapkan, pihak Kecamatan SU II telah memberikan surat peringatan ke pihak pengembang untuk menghentikan aktivitas pembangunan yang masuk tahap penggalian. Hanya saja, dari pihak pengembang, tidak memiliki iktikad baik dan terkesan tidak menghiraukan surat tersebut.

Ketua Himpunan Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam (HZKPD), Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin III, saat dihubungi koran ini melalui teleponnya menegaskan, tidak seharusnya situs sejarah terutama yang memiliki nilai sejarah tersebut dihancurkan dan dibongkar.

Sobroni, Ketua RT 43, Kelurahan 16 Ulu< Kecamatan Seberang Ulu (SU) II mengaku, warga tidak bisa berbuat banyak, hanya melihat izinnya saja. Sehingga bila ada izin dari pihak terkait, secara otomatis warga tidak bisa melarang.

Sementara itu, Yuyun, pengelola Pesona Madani saat dihubungi melalui teleponnya membantah kalau bangunan akan dibangun di lokasi situs peninggalan Jepang tersebut. "Siapa bilang itu cagar budaya. Sebab, selama ini digunakan warga untuk membuang sampah," cetusnya. (afi/via/ce4)

Sumatera Ekspres, Senin, 7 Januari 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: