Heboh Pohon Pisang Bercabang Dua


Heboh Pohon Pisang Bercabang Dua
Seorang anak menunjukan pohon pisang milik Juniasih yang bercabang dua, Kamis (13/12/2012)

LAHAT – Umumnya tanaman pisang hanya terdiri dari satu pohon, tanpa ada cabang lain. Namun berbeda dengan tanaman pisang milik Juniasih (58), warga Kota Lahat, Kabupaten Lahat, karena pohon pisang miliknya memiliki cabang di bagian tengah batang.

Hal tersebut baru disadari Juniasih, Kamis (13/12) setelah diberitahu kerabat yang datang berkunjung. Informasi tersebut dengan cepat menyebar, hingga warga langsung berdatangan karena penasaran.

Pantauan Sripoku.com, pohon pisang ambon milik Juniasih tersebut berada persis di belakang rumahnya. Tingginya sekitar 2,5 meter, dan satu rumpun dengan dua pohon lainya. Daunnya cukup banyak dan rindang, tapi belum berbuah. Namun anehnya di bagian tengah batang justru terbelah dua, menjadi dua cabang. Hal tersebut tidak terjadi pada dua pohon lain, meski satu rumpun.

Menurut Juniasih, selama ini ia tidak menyadari keganjilan pohon pisang yang ia tanam tersebut. Ia diberitahu saudaranya yang datang, dan tak sengaja melihat keanehan pada pohon pisang di belakang rumahnya. Karena penasaran warga yang tinggal di Jl Baru Kompleks PU Desa Manggul Kecamatan Kota Lahat ini memperhatikan dengan seksama, dan memang bercabang di bagian tengah.

Seingatnya rumpun pohon pisang ambon tersebut, ditanamnya sekitar tiga tahun yang lalu. Hingga saat ini sudah empat kali panen, dan berganti pohon yang baru setelah ditebang.

Sebelumnya semua pohon tumbuh normal, tidak ada keanehan bercabang dua seperti sekarang. Rencannya nenek dari 15 cucu ini, tidak akan menjual buahnya bila panen tiba. Ia yakin akan memiliki khasiat, karena tumbuhnya tidak seperti pisang lain. Pohon tersebut akan dirawat dan dijaga, hingga saat berbuah tiba.

Penulis : Tommy Sahara

Editor : Soegeng Haryadi
Sriwijaya Post – Kamis, 13 Desember 2012

Advertisements

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: