Ikan Gabus Tembus Rp 100 Ribu


Ikan Gabus Tembus Rp 100 Ribu PALEMBANG — Kurangnya pasokan ikan gabus di berbagai pasar tradisional membuat harga ikan gabus dan daging gilingnya meroket. Di Pasar Cinde, sejak sebulan ini, harga ikan gabus gilingnya mencapai Rp 90 ribu/kg.

AS, salah seorang pejual daging giling mengaku, saat ini stok ikan gabus di agen sangat sedikit sehingga membuat harganya menjadi mahal. Hal ini juga mempengaruhi penjualan ikan. Dimana per kg ikan gabus yang dibelinya di agen Rp 50 ribu/kg. Setelah diolah menjadi ikan giling, sekilo ikan menyusut menjadi setengah kilo. Sehingga hanya mendapat keuntungan Rp 5 ribu. “Apalagi sekarang sepi karena banyak konsumen yang memilih ikan giling tenggiri yang lebih murah,” bebernya.

Hal senada dikatakan Sutrisno, pedagang ikan di Pasar Kuto mengatakan, saat ini ikan gabus susah dicari. “Kalau ada, harganya naik cukup tinggi yaitu Rp 100 ribu per kg. Kalau yang agak kecil, harganya sekitar Rp 85 ribu per kg,” terang Sutrisno, kemarin (7/11).

Pekan lalu, harga ikan gabus masih sekitar Rp 40-50 ribu per kg. Kenaikan ini akibat pasokan ikan gabus memang menurun karena musim hujan. Selain karena ikan nya agak susah, para pencari ikan juga tidak banyak yang mencari.

H Badar, pemilik agen besar Pasar Ikan Jakabaring, menambahkan, ikan gabus kian sulit didapat saat ini. Kalaupun ada, harganya meroket di pasaran. Pasalnya, harga ikan gabus di agen saja sudah naik sekitar 40 persen lebih. (yud/cj2/ce4)

Sumatera Ekspres, Kamis, 8 November 2012

About Iwan Lemabang
Aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa.

One Response to Ikan Gabus Tembus Rp 100 Ribu

  1. deri says:

    pa ikan saya ada tapi saya bingung ngirim nya kamana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: