Tahun Depan Undang Kota Besar


Tahun Depan Undang Kota Besar
Lomba Bidar: Sejumlah peserta lomba bidar sekuat tenaga mengayuh perahunya, bersaing ketat untuk menjadi nomor satu pada kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-67 yang digelar Pemkot Palembang di Sungai Musi, kemarin

PALEMBANG – Lomba bidar dan perahu motor hias di Sungai Musi, menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-67, kemarin, berlangsung meriah. Bahkan, tiga kabupaten seperti OKUT, Muba, dan OKI ambil bagian.

Pantauan Sumatera Ekspres, pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) dipadati warga yang antusias menyaksikan jalannya perlombaan tahunan tersebut. Peserta berjumlah 18, wakil dari berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Kota Palembang, BUMD, swasta, dan kecamatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang Thabrani mengatakan, kegiatan dalam rangka 17 Agustus itu baru sekarang diadakan karena bertepatan dengan bulan Ramadhan. “Makanya tidak bisa dilaksanakan tepat waktu.”

Thabrani, sekaligus ketua panitia perlombaan perahu motor hias dan lomba bidar menuturkan, lomba perahu hias dan bidar adalah budaya tradisional Kota Palembang yang mesti diberdayakan menjadi kebudayaan asli masyarakat Palembang. “Sehingga budaya asli Kota Palembang bisa dipertahankan dan terus lebih baik ke depannya.”

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Romi Herton mengatakan perahu motor hias dan bidar merupakan budaya Pelembang. “Tahun berikutnya, kita berharap perlombaan perahu hias bukan hanya dari kabupaten/kota yang ada di Palembang saja yang ikut berpartisipasi. Ke depan kota besar seperti Bali, Jambi dan Medan kita undang juga. Hadiah kita anggarkan melalui APBD,” ungkapnya.

Sebagai juara lomba perahu motor hias, untuk kategori kecamatan yakni kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II dengan total nilai 1923. Juara kedua RT 5 dari Kelurahan 35 Ilir (1910), juara ketiga RT 32 dari Kelurahan 35 Ilir.

Kemudian, juara harapan diraih Kecamatan Bukit Kecil (1376). Pemenang untuk kategori, SKPD, BUMD dan perusahaan swasta, diraih oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang (2.045), juara kedua OKUT (2.037), juara ketiga PT Pusri (1.940) dan juara harapan diraih kabupaten Muba (1.395).

Sedangkan lomba bidar, pemenang pertama diraih PT Pelindo dengan waktu tempuh 5 menit, juara kedua PT Pusri dengan waktu tempuh 6 menit, juara ketiga Indofood dengan waktu tempuh 7 menit, dan juara harapan PT KKP dengan waktu tempuh 7 menit 12 detik. (cj7/ce2)

Sumatera Ekspres, Senin, 27 Agustus 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: